Pesan PATPI di HPS 2020, Kurangi Food Waste dan Food Loss

0
36
Kampanye PATPI di HPS-40
Kampanye PATPI di HPS-40

Hari ini, 16 Oktober 2020 merupakan hari pangan sedunia (HPS) ke 40. PATPI (Perhimpunan Ahli Teknologi Pangan Indonesia) menyampaikan pesan untuk mengurangi pangan yang terbuang dan pangan yang rusak (food waste dan food loss) ditujukan kepada pengusaha rumah makan, restoran, kantin, dan jasa boga. “Kampanye PATPI tahun ini bertemakan sama dengan tahun kemarin yaitu perlunya hemat dalam mengkonsumsi pangan, tidak boros, apalagi sampai membuang-buang pangan. Bedanya, kalau tahun ini pesan itu ditujukan kepada pengelola rumah makan atau restoran, tahun lalu pesan ditujukan untuk konsumen,” jelas Agus Suyanto STP, MSi, anggota PATPI Semarang dosen Prodi Teknologi Pangan Unimus.

Beberapa yang disarankan oleh PATPI agar rumah makan menyediakan porsi (kecil, sedang, besar), berikan pilihan rasa (tidak, agak, dan pedas), sesuaikan persediaan cadangan menu makanan agar tidak berlebih, belanja bahan mentah secukupnya, juga pesan untuk pelanggan agar tidak membuang makanan karena masih banyak yang membutuhkan.

Kampanye PATPI di HPS-39
Kampanye PATPI di HPS-39

Sedangan tema HPS-40 di tingkat dunia yang diinisiai oleh Organisasi Pangan Dunia FAO (Food and Agriculture Organization) mengangkat tema “Tanam, Pelihara, Lestarikan Bersama” (grow, nourish, sustain. together). “Menjaga kelangsungan bumi adalah tugas kita bersama, dalam hal ini aspek ekologi yang tidak boleh diabaikan disamping memenuhi kebutuhan pangan. Menanam dan memeliharanya dilakukan bersama-sama, maka kesadaran ini secara otomatis akan menjaga suistenability bumi,” tambahnya.

Organisasi Pangan dan Pertanian PBB (FAO) menetapkan 16 Oktober sebagai Hari Pangan Sedunia pada tahun 1979. (Gus/admin).