Kunjungan dan Kerjasama HC Unimus dengan HSC Chulalongkorn University Thailand

0
1007

Dr Sufiati Bintanah dalam THA 2023Halal Center (HC) Unimus pada 2-5 Desember melakukan kunjungan ke Thailand untuk mengikuti Thailand Halal Assembly (THA)  2023 dan Kerjasama dengan Halal Science Center (HSC) Chulalongkorn University Thailand. HC Unimus bekerjasama dengan IRO (Int Relationship Official) Unimus yang  mengorganisir kegiatan International Mobility Program.“Kami dari HC Unimus membawa rombongan besar terdiri dari pengurus HC dari Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Universitas Muhammadiyah Magelang (UNIMMA), Universitas Muhammadiyah Makasar (UNISMUH),  Poltekes Semarang, serta beberapa alumni Unimus. Tiga agenda utama kami yaitu program kerjasama (MoU), recognisi memenuhi undangan panitia THA, dan pengabdian masyarakat internasional” jelas Dr Agus Suyanto STP MSi, ketua HC Unimus.

THA 2023 sendiri merupakan event konferensi Internasional yang mengkoordinir tiga event besar bidang halal yaitu “The International Halal Science and Technology Conference 2023 (IHSATEC2023);16th Halal Science Industry and Business (HASIB); 9th International Halal Standart and Certification Convention”. Selain rehatan akademik  THA juga merupakan kegiatan expo The Thailand’s International Halal Expo (TIHEX). Pembicara dan peserta banyak berdatangan dari berbagai belahan dunia, Kawasan Asia Tenggara khususnya, Asia, Eropa dan Amerika.

Penanggung jawab THA 2023 Ass Prof Winai Dahlan menyampaikan, “Tema tahun ini adalah Digitalizing Halal Initiatives for Fostering Halal Trust  untuk memastikan kualitas produk Halal dengan menggunakan teknologi digital untuk membangun kepercayaan pada ekosistem Halal, menjadikannya lebih mudah diakses, transparan, dan dapat diandalkan oleh konsumen, bisnis, dan pemangku kepentingan.”

Dr Agus Suyanto bertukar cinderamata dengan Ass Prof Winai DahlanRombongan mendapat kehormatan di hari kedua THA yaitu dilakukan penandatanganan MoU antara HC Unimus dan HC masing-masing kampus dengan HSC Chulalongkong University yang dipimpin Ass Prof Winai Dahlan, disaksikan keynote speaker THA 2023. Salah satu keynote speaker adalah Dr Ihsan Ovut, Sekjen The Standards and Metrology Institute for the Islamic Countries (SMIIC), afiliasi Organisasi Kerjasama Islam (OKI).

Ass Prof Winai Dahlan menerima hangat kunjungan kami di HSC Chulalongkorn University Thailand, hari kedua kegiatan kami di Thailand. “HSC menempati 3 lantai di kampus Chulalongkorn University dengan tiga layanan yaitu laboratorium ilmu forensik halal, penelitian dan inovasi, dan layanan kepada Masyarakat,” jelasnya. Setelah ramah tamah dan penukaran cinderamata kami diajak keliling di laboratoriumnya. “Sangat lengkap fasilitas pengujian halal, pantas jika HSC yang didirikan oleh Prof Winai Dahlan jadi rujukan pengembangan laboratorium halal,” kata Dr Sufiati Bintanah SKM MSi ketua Pusat Studi Gizi dan Pangan Halal Unimus.

Fasilitas Laboratorium Ilmu Forensik Halal diantaranya analisis kuantitatif (kandungan Hidroksiprolin dan LC-MS/MS), analisis komposisi asam lemak (GC-MS-MS, GC-FID), analisis kuantitatif etil alkohol (GC-FID), deteksi kontaminasi DNA babi (Real-Time PCR), analisis senyawa polar (mini column). Fasilitas Riset dan Inovasi dengan menerapkan teknik modern terdiri dari pengembangan penelitian inovasi pangan, pengembangan makanan halal yang sehat, dan pengembangan produk kosmetik halal.

Bagian pelayanan Masyarakat HSC menawarkan Instalasi sistem HAL-Q dan pelatihan HAL-Q. HAL-Q adalah sistem manajemen mutu untuk menjamin Kehalalan produk dan jasa dengan mengintegrasikan standar Halal ke dalam sistem keamanan pangan berstandar internasional. (gus/admin).