Lima Proposal Penelitian Dosen Teknologi Pangan Unimus Raih Pendanaan Ditjen Diktiristek

0
694

Sebanyak 5 proposal yang diajukan oleh dosen Prodi Teknologi Pangan Unimus tahun 2023  mendapat pendanaan dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen Diktiristek) melalui Direktorat Riset, Teknologi, dan Pengabdian Masyarakat (DRTPM) melalui skema penelitian fundamental-reguler.

Kelima dosen yang dimaksud bertindak sebagai ketua peneliti adalah Dr Nurhidajah STP MSi, Dr Ir Nurrahman MSi, Dr Siti Aminah STP MSi, M Yusuf PhD dan Dr Yunan Kholifatuddin Sya’adi STP MSc. Dosen dari prodi Teknologi Pangan Unimus mendapat apresiasi dari kolega di Unimus karena jumlah terbanyak di Unimus mendapat pendanaan di tahun 2023.

Menurut Direktur DRTPM Prof Faiz Syuaib, “Pada tahun 2023 ini, pelaksanaan program penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dilaksanakan sepenuhnya melalui laman BIMA, mulai dari proses pengajuan proposal, pengumuman hasil seleksi, penetapan penerima pendanaan, hingga pelaporan nanti. Penetapan penerima pendanaan pun telah melalui penyeleksian meliputi seleksi administratif dan seleksi substansi.

Ditambahkannya, “Jumlah proposal yang masuk pada tahun ini lebih sedikit dari tahun sebelumnya dikarenakan pada sistem BIMA menggunakan fitur eligibiltas sehingga tidak semua dosen dapat memasukan proposal ke semua skema, namun berdasarkan rekam jejak dan performa dosen tersebut. Pengusul dapat lebih terarah dalam mengajukan proposalnya sesuai persyaratan skema,” terang Faiz.

Seluruh dosen baik dari perguruan tinggi maupun swasta bersaing secara ketat setiap tahun untuk mendapatkan pendanaan dari DRTPM. Tahun ini sebanyak  6.441 yang didanai, 2.003 proposal di antaranya berasal dari Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN-BH), 971 proposal dari Perguruan Tinggi Negeri (PTN), dan 3.471 proposal dari Perguruan Tinggi Swasta (PTS). Adapun skema yang didanai meliputi penelitian disertasi doktor, penelitian dosen pemula, penelitian fundamental-reguler, penelitian kerja sama dalam negeri, penelitian terapan jalur hilirisasi, dan penelitian tesis magister.

Selamat kepada dosen Prodi Teknologi Pangan Unimus. Terus berkarya, mengukir prestasi. (Gus/admin)