Prodi Teknologi Pangan Unimus bekali mahasiswa dengan Pelatihan Comprehensive Food Safety Management System

0
33
Dosen Teknologi Pangan Unimus dan Trainier dari PT SAFF Suprima Utama
Dosen Teknologi Pangan Unimus dan Trainier dari PT SAFF Suprima Utama

Mahasiswa Prodi Teknologi Pangan Unimus mendapat pembekalan Comprehensive Food Safety Management System meliputi GMP, HACCP, ISO 22000:2018, FSSC 22000 V5.1, pada 14-15 Januari 2023 di kampus Unimus. “Kegiatan yang dikemas dalam training selama 2 hari full dengan materi disertai ice breaking sehingga peserta tidak merasa bosan meskipun output kegiatan sangat banyak berupa Latihan penyusunan dokumen berbagai system keamanan pangan,” jelas Dr Nurhidajah STP MSi Kaprodi Teknologi Pangan Unimus.

Prodi Teknologi pangan Unimus menggandeng PT SAFF SUPRIMA UTAMA (SSU) dari Jakarta yang telah berpengalaman menyelenggarakan traning, sekaligus mereka juga konsultan serta auditor system manajemen keamanan pangan. Tim dari SSU yaitu Gilang Anugrah Putra, Anita, dan Silma Darojatun Afiah. “Kenapa pelatihannya menggunakan system keamanan pangan konprehensif?  System keamanan pangan sangat  beragam sebagai jaminan produk pangan yang aman, bengantung dari tingkat risiko kemanan pangannya. Ada Good Manufacturing Practicess (GMP), Hazard Analysis Critical Control Point (HACCP), International Standardization Organisation (ISO), dan Food Safety Management System Certification (FSSC),” tambah Dr Nurhidajah.

Mahasiswa sangat antusias mengikuti pelatihan, dimana mereka dibagi dalam beberapa kelompok diberi nama kelompoknya dengan nama perusahaan pangan. Mahasiswa yang lulus berhak mendapatkan sertifikat dan diakui sebagai Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI). Para dosen dan staf juga tampak di kegiatan pelatihan, menunjukkan pentingnya pelatihan ini dan mahasiswa juga lebih bersemangat mengikutinya. (Gus/Admin)