Mengenal software ImageJ

0
342
imageJ
imageJ

ImageJ merupakan software yang powerfull untuk analisis citra gambar. ImageJ direlease oleh Wayne Rasband dari National Intitutes of Health(NIH). Pemograman menggunakan Java dapat dioperasikan pada sistem operasi linux, macintosh, dan windows mode 32 bit dan 64 bit.Analisis fisik pangan tidak perlu biaya mahal. Cukup pelajari software ini maka akan bisa menganalisis intensitas warna, distribusi ukuran partikel, porositas, luas area, hingga analisis kimia kadar suatu senyawa. Semua didasarkan pada basis warna atau citra gambar. ImageJ memiliki keunggulan dibandingkan software pengolah gambar lainnya dan software domain public/tidak ada hak cipta. software ini dapat membaca gambar dalam berbagai format seperti TIFF, GIF, JPEG, BMP, DICOM, FITS, dan RAW. Keunggulan lainnya adalah dapat memproses gambar secara langsung dari kamera, scanner, dan video recorder. ImageJ dapat membuat grafik dari data serta meningkatkan kualitas gambar. Analisis gambar mikroskop, pengukuran area, penghitungan partikel, segmentasi dan pengukuran fitur spasial atau temporal dari elemen biologis.

Fitur utama ImageJ 1).Fungsi Paralel: Mendukung pengolahan beberapa gambar sekaligus dalam satu jendela. 2).Perhitungan (Calculations): Membuat statistik sesuai dengan parameter yang ditentukan. 3).Pengukuran (Measurements): Menentukan jarak, luas, dan pengukuran geometris. 4).Output: Membuat histogram kepadatan populasi dan beberapa jenis grafik lainnya. 5).Scaling: memperbesar, memperkecil, atau mengubah orientasi gambar. 6).Pengeditan Foto: mengedit gambar seperti menghilangkan cacat,  mempertajam gambar, dan menerapkan filter. 7).Plugin: Memungkinkan untuk menulis plugin untuk menyesuaikan dengan kebutuhan. 8). Macro: Dapat membuat makro yang akan mengotomatiskan tugas 9).Warna: Tersedia grayscale dan warna yang diindeks untuk membantu mempercepat pemrosesan gambar.

Bagaimana mendapatkan software ImageJ? silahkan mendownload dari web resmi imagej atau bisa diunduh dari link software imageJ. (Gus/admin)