“Peran Pangan Fungsional berbasis Pangan Lokal dalam Peningkatan Derajat Kesehatan”

0
537
lppm
Dari Kanan Dr Sri Darmawati, dr Daniel, Prof Made Astawan, Prof Marsono, dan Dr Nurrahman

 

Demikian judul seminar nasional yang diselenggarakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Unimus bekerjasama dengan Fakultas Ilmu Keperawatan dan Kesehatan Unimus menyelenggarakan Seminar Nasional “Hasil-hasil penelitian (Kesehatan, Science, Ekonomi dan Sosial)” pada tanggal 9 Agustus 2014. Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian acara dalam rangka Lustrum Ke-3 Unimus.

seminar dibuka oleh Ketua LPPM Unimus, Dr. Sri Darmawati, M.Si dilanjutkan dengan sambutan dari Wakil Rektor 1 Unimus, Dr. Ir. Nurrahman, M.Si. Tujuan seminar ini yaitu untuk mensosialisasikan dan mendiseminasikan hasil-hasil penelitian dari para akademisi kepada masyarakat luas sebagai salah satu perwujudan Tri Darma Perguruan Tinggi, demikian jelas Sri Darmawati.

Pembicara kunci adalah Prof. Dr. Ir. Made Astawan, MS (Institut Pertanian Bogor), Prof Dr. Ir. Y. Marsono, MS (Universitas Gajah Mada) dan dr. Daniel Nugroho Setiabudi (Bandeng Juwana Group). Prof Made memaparkan seminar dengan judul “Kajian Khasiat Berbagai Pangan Lokal sebagai Pangan Fungsional dalam Pencegahan Penyakit Degeneratif dan Peningkatan Kesehatan” yang pokok pembahasannya adalah tentang khasiat pangan lokal yang dapat dijadikan sebagai pencegah penyakit degeneratif.

Di seminar yang kedua, Prof Marsono memaparkan seminar yang berjudul “Penelitian Bioassay Dalam Pengembangan Pangan Fungsional” dengan menitik beratkan pada tahapan pengembangan produk pangan fungsional. Narasumber ketiga, dr. Daniel yang juga merupakan pendiri Dyriana Bakery menceritakan inovasi-inovasi yang berkaitan dengan produk-produk usahanya. “Hingga saat ini telah ada 58 macam bandeng yang ada di Bandeng Juwana, hal ini merupakan hasil dari inovasi produk pangan yang kami lakukan” Papar Beliau.

Setelah acara seminar selesai, acara dilanjutkan dengan presentasi hasil-hasil penelitian dari total 115 peserta pemakalah oral. Peserta dibagi dalam kelompok-kelompok dengan masing-masing kelompok terdiri dari 18 – 20 pemakalah. Selain itu, disajikan pula hasil-hasil penelitian dari para Penyaji Poster sebanyak 14 Poster Penelitian (admin/gus, sumber unimus.ac.id)

Materi Seminar :

1. Pangan Lokal Fungsional (Made Astawan)

2. PENELITIAN BIOASSAY DALAM PENGEMBANGAN PANGAN FUNGSIONAL (Y. Marsono)