Unimus Gelar ICHeSTech, Pangan Sehat dan Halal Menjadi Trend Dunia

0
1105
Rektor Unimus Prof. Dr. Masrukhi menandai pembukaan acara dengan pemukulan gong
Rektor Unimus Prof. Dr. Masrukhi menandai pembukaan acara dengan pemukulan gong (Foto: UPT Humas Unimus)

Unimus bekerjasama dengan Management and Science University (MSU) Malaysia menggelar The 1st internasional conference on health, science and Technology (ICHeSTech), menghadirkan pembicara dari Jepang (Satoshi Futo Riztyan, PhD dari FASMAC Co. Ltd. Japan), Thailand (Najwa Santiworakun PhD  dari Chulalongkorn University, Thailand), Malaysia (Prof Eddy Yusuf PhD dari MSU), dan Indonesia (Prof  Fatchiyah Mkes PhD dari Universitas Brawijaya) bertempat di aula Fakultas Kedokteran Unimus, Rabu-Kamis 28-29 November 2018.

Dr Ir Nurrahman MSi Ketua panitia Ichestech menyampaikan, “Konferensi ilmiah dengan output proceding internasional terindeks scopus ini mengangkat tema Current Trends and Future Perspectives in the Food Sector:From Novel Concepts to Applications.” Ditambahkannya, keamanan pangan dan pangan halal termasuk isu sangat menarik untuk dikupas oleh para keynote speech konferensi ini, karena trend masyarakat konsumen kita mulai meningkat ke arah sana.

Rektor Unimus Prof Dr H Masrukhi MPd pada saat sambutan pembukaan menyatakan perlunya kolaborasi antar perguruan tinggi sesama negara ASEAN sebagai upaya peningkatkan mutu lulusan. “Potensi  dan jejaraing 177 Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM)  di Indonesia siap melaksanakan kerjasama dengan perguruan tinggi luar negeri. Pertemuan ini akan ditindaklanjuti ICHeSTech kedua akan diselenggarakan tahun depan di Malaysia dan yang ketiga di Filipina,” paparnya di hadapan 86 peserta konferensi dari dalam dan luar negeri. Peserta dari dalam negeri terdiri dari dosen, lembaga peneliti dan industri, sedangkan peserta luar negeri datang dari Malaysia, Thailand, Philipina, Jepang dan Ekuador.

Prof. Dr. Masrukhi dan Prof. Dr. Richard Silvestre dari St. Dominic Asian College, Phillipines menunjukkan MoU yang sudah ditandatangani
MoU Unimus dengan St. Dominic Asian College, Phillipines (foto UPT Humas Unimus)

Rektor Unimus pada kesempatan yang sama mengadakan Memorandum of Understanding (MoU) dengan St. Dominic Asian College Phillipines, yaitu Prof Dr Richard Silvestre yang menjabat sebagai Head Quality Assurance. Point kerjasama kedua instansi adalah peningkatan mutu pembelajaran, penelitian dan pengabdian pada masyarakat termasuk berkolaborasi dalam menyelenggarakan seminar internasional bersama.

Tema seputar kesehatan dan pangan menjadi sub tema konferensi yang disajikan peneliti dalam pararel session yang terbagai ke dalam 5 kelompok penyajian. Sub tema yang diangkat antara lain : Advancement of Chemistry & Biochemistry of Food, Analytical Methods & Approaches, Bioactive Constituents of Food, Biotechnology & Biomedicine, Chemical Process: Biological & Non-Biological, Chemistry of Food Additives, Contaminants & Agro-chemicals, Dairy Science & Technology, Food & Chemical Toxicology, Food Analytical Methods, Food & Chemical Toxicology, Food & Drug Analysis, Food & Nutrition Research, Food Bioscience, Biotechnology, Biochemistry & Biophysics, Food Biotechnology & Biochemistry, Food Microbiology & Enzymology, Food Nanotechnology, Food Processing and Technology, Food Safety, Food Science & Technology, Halal Food, Molecular Biology, Molecular Food & Nutrition, Probiotics, Antibiotics & Antioxidants.

Rektor Unimus Prof Dr Masruki menyerahkan cinderamata kepada Prof Dr Edy Yusuf dari MSU Malaysia
Rektor Unimus Prof Dr Masruki menyerahkan cinderamata kepada Prof Dr Edy Yusuf dari MSU Malaysia

Dosen-dosen dari prodi Teknologi pangan Unimus ikut memaparkan hasil kajian dan penelitiannya.  Kaprodi Teknologi Pangan Dr Nurhidajah STP MSi bersama koleganya Dr Rahayu Astuti SKM MKes, dan Dr Ir Nurrahman MSi memaparkan hasil penelitiannya dengan judul “Black Rice Potential in HDL and LDL Profile in Sprague daulay Rat with High Cholesterol Diet.” Yani Magfiroh STP alumni Teknologi Pangan Unimus bersama dosennya  Wikanastri Hersoelistyorini ST MT dan Dr Ir Nurrahman MSi menyampaikan “Amylopectin Content, Expand Ability and Organoleptic Properties of Yam Flour Cracker.”

Dosen Teknologi Pangan Agus Suyanto STP MSi bersama pembimbing disertasinya dari IPB Bogor Prof Dr Ir Erliza Noor, Dr Meika Syahbana Rusli MAgr, dan Dr Farah Fahma ST MT menyampaikan hasil kajiannya “Technique of Nano-emulsion and Nanoencapsulation Optimization of Flavor Fruit with Response Surface Methodology (RSM).” Muhammad Yusuf PhD dan Agus Suyanto STPMSi memaparkan hasil risetnya “Keys Success Factor in Innovation Development for Fish Product Export Oriented in Fishery Industry Central Java Province. “ Dr Siti Aminah  STP MSi bersama koleganya, Wulandari Meikawati SKM Mkes dan Dr Ir Ali Rosidi MSi mengangkat judul “Nutrition Retention on Product Based on Soybean and Sprouts Flour Enriched with Duck Eggshell.”

Selamat kepada Unimus dan dosen Prodi Teknologi Pangan. Bangga ikut berkontribusi pangan sehat dan halal, serta bisa Go international. (Gus/admin)

You can make a scan this site first reading, which gives you the basic details of the cases, only to come back for the second reading that will expose details about each specific topic in the study.