Tim Pengabmas TP UNIMUS Latih Pembuatan Jamu Tradisional Petani Di Jawa Tengah

0
570
20150807_101428
Paparan materi oleh Nurhidajah STP MSi

Tim Pengabdian Masyarakat dari Prodi Teknologi Pangan UNIMUS, yang terdiri dari Ir Wikanastri Hersulistyorini MT, Nurhidajah STP MSi, Agus Suyanto STP MSi dan M Yusuf PhD, 6-7 Agustus lalu bekerja sama dengan Sekretariat Badan Koordinasi Penyuluhan (BAKORLUH) Provinsi Jawa Tengah, memberikan pembekali guna peningkatan kesejahteraan petani melalui pembuatan jamu tradisional. kegiatan 2 hari di Hotel Candi Indah Semarang ini diberi tajuk “Pelatihan manajemen paratisipatif KPK. Pengembangan jamu tradisional, pemerintah peduli petani kreatif dan masyarakat bermartabat, ekonomi kuat.”  Pelatihan yang diberikan meliputi teori dan praktek pembuatan jamu gendong dan jamu instan.

 

Ir Sutrisno selaku Kepala Sub Bidang Pengembangan SDM Pelaku Utama dan Pelaku Usaha SetBakorluh menyampaikan, kegiatan ini adalah dalam rangka mengawal desa berdikari pangan di Provinsi Jawa Tengah. Hal ini untuk mewujudkan Kedaulatan Pangan Nasional sekaligus membangun pondasi yang kokoh menghadapi Era Global yang ditandai dengan akan diberlakukannya Asean Economic Community (AEC) Tahun 2015 pada bulan Desember mendatang. “Harapanya desa sebagai Development Based nya petani menuju kemandirian usaha yang berdaya saing, dimana menjadi agent penumbuhan karakter dan berjiwa kewirausahaan (revolusi mental), mendorong tumbuhnya insan-insan pelaku pembangunan pertanian yang memiliki semangat integritas tinggi yang selalu menghargai karya bangsanya sendiri, “ imbuhnya.

Ditambahkannya, pemerintah tengah menyiapkan SDM dan membantu pendampingan kelembagaan desa serta meberikan dukungan sarana prasarananya. Konsep yang dikembangkan Sekretariat Bakorluh Provinsi Jawa Tengah adalah melalui pola pelatihan/magang tematik bagi para kader penggerak dengan poporsi variasi antara 60%-80% untuk membangun Social Capacity Building Carakter dan sisanya untuk pelatihan Teknik-Teknik Pengembangan Usaha Budidaya meliputi semua Bidang-Bidang Pembangunan Pertanian.

Tim Prodi Teknologi Pangan UNIMUS siap membantu pemerintah, dalam hal ini SerBakorluh Provinsi Jawa Tengah untuk mewujudkan visinya, Terselenggaranya penyuluhan yang efektif, efisien dan akuntabel untuk   mewujudkan Jawa Tengah sejahtera dan berdikari.” (Gus/admin)

write my paper write my paper 4 me.