Teknologi Pangan UNIMUS Ramaikan Festival Semarang Menuju Daulat Pangan

0
903

  Semarang, 12 November 2023 Pemerintah Kota Semarang mengadakan acara “PISANG LEGI: Promosi Pangan Lokal Enak Bergizi”. Menurut Dr Yunan Kholifatuddin Sya’di, STP MSc Kaprodi Teknologi Pangan, “Kegiatan ini dilatar belakangi karena ketergantungan masyarakat kepada jenis bahan pangan tertentu ditunjukkan oleh tingginya konsumsi beras dan naiknya konsumsi terigu dari waktu ke waktu. Hal ini menyebabkan beratnya ketersediaan dan memicu gejola harga. Pada sisi yang lain ancaman kesehatan karena konsumsi pangan yang tidak seimbang.” Ditambahkannya,” Perlu upaya-upaya menggali potensi dan memanfaatkan berbagai jenis bahan pangan lokal yang banyak tersedia di sekitar kita. Berbagai macam umbi-umbian (singkong, talas, ubi, kentang), jagung, sukun dan pisang merupakan bahan pangan lokal yang bisa menjadi alternatif sumber karbohidrat.”

Dengan slogan “Kenyang Gak Harus Nasi Beras” PISANG LEGI mengajak masyarakat untuk memanfaatkan pangan lokal pendamping beras menjadi makanan yang Enak dan Bergizi dalam menu sehari-hari.

Kegiatan PISANG LEGI mengundang semua pihak terkait untuk terlibat dalam mengkampanyekan pangan lokal pengganti nasi sebagai makanan pokok yang diantaranya dari Pemerintah Kota Semarang, Dinas Ketahanan Pangan, Organisasi Wanita, Perusahaan hingga Perguruan tinggi.

Dr Ir Nurrahman MSi, dosen Program Studi Teknologi Pangan yang juga ketua PATPI Semarang menambahkan, “Unimus ikut berpartisipasi melalui pameran produk olahan unggulan mereka yaitu labu kuning. Labu kuning tinggi nutrisi sebagai bahan baku olahan memiliki banyak manfaat diantaranya meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengendalikan diabetes, menurunkan risiko kanker dan memelihara kesehatan jantung. Melalui kegiatan ini mahasiswa mensosialisasikan berbagai produk olahan yang dapat diolah dari labu kuning dengan karakteristik rasa yang enak serta memiliki efek kesehatan untuk tubuh.”

Makanan bergizi akan membawa kesehatan lahir dan batin, seperti pepatah “men sana in corpore sano, di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat.” (Bob/Gus admin)