Prodi Teknologi Pangan Unimus Gelar Lokakarya Standar Riset Mahasiswa

0
787

Prodi Teknologi Pangan Unimus gelar lokakarya standar riset mahasiswa  di instansi dan industri pada  selasa (27 Juni 2023) di kampus Unimus dengan menghadirkan Sugiyanto SP kepala UPT Taman Teknologi Pertanian Nglaggeran Gunung Kidul Jogjakarta mewakili instansi dan Erwan Santoso SE MM Quality Assurance Manager PT. Java Kayana Segara Semarang mewakili industri pangan. Lokakarya dipandu oleh M Yusuf PhD dari biro Kerjasama Unimus dan dibuka oleh Kaprodi Teknologi Pangan Unimus Dr Nurhidajah STP MSi.

Kedua narasumber dimana instansi dan industrinya  sering menerima mahasiswa dalam PKL memberikan arahan peluang dan tema-tema riset mahasiswa, bahkan bersedia menjadi pembimbing dari risetnya. TTP Jogjakarta memiliki inovasi olahan coklat, susu kambing etawa, dan lainnya serta telah mengembangkan menjadi sistem pertanian terpadu atau integrasi hulu hilir. PT Java Kayana Segara eksportir hasil olahan laut ke berbagai negara.

“Dalam program MBKM terdapat delapan Bentuk Kegiatan Pembelajaran (BKP) salah satunya adalah riset mahasiswa. Pelaksanaan riset mahasiswa dengan data perkembangan/permasalahan yang ada di Industri makanan minuman atau instansi terkait bidang pangan sangat dibutuhkan untuk mencapai kompetensi mahasiswa Teknologi Pangan sehingga dapat memenuhi kebutuhan pengguna lulusan,” sambut Dr Nurhidajah.

TTP Nglanggeran Gunung Kidul YogyakartaLokakarya tidak hanya diikuti oleh dosen dari prodi teknologi pangan namun juga dosen dari prodi Teknik Mesin, Prodi Teknik Elektro, Prodi Manajemen, Prodi Manajemen, Prodi Gizi, Prodi Kesehatan Masyarakat, Prodi  Teknik Informatika, dan prodi Sains Data.

“Lokakarya akan sangat membantu meningkatkan keluaran riset mahasiswa yaitu tugas akhir/skripsi karena akan ada rumusan standart riset penelitian mahasiswa di instansi atau industri dari kegiatan ini. Kami juga  mengucapkan terima kasih kepada kemendikbud yang telah memfasilitasi kegiatan ini melalui program Kompetisi Kampus Merdeka (PK-KM) batch 3,” tambah Dr Nurhidajah.

PK-KM di tingkat program studi bertujuan untuk meningkatkan mutu, relevansi dan inovasi pendidikan tinggi untuk merespon dan mengantisipasi perkembangan IPTEK di masa depan sesuai dengan keunggulan program studi dan meningkatkan kerjasama dengan Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI) dan top world class universities dalam rangka transformasi pendidikan tinggi untuk mendapatkan pengakuan internasional dan meningkatkan daya saing bangsa.

Program studi Teknologi Pangan Unimus terus berbenah meningkatkan pelayanan kepada mahasiswa untuk menuju mutu unggul (gus/admin)