Menjawab Kebutuhan Pasar, Prodi Teknologi Pangan Adakan Workshop Pemutakhiran Kurikulum

0
569
CIMG4827
Diskusi di kalangan dosen dengan kalangan industri dan instansi (Balai POM)

Untuk memenuhi tuntutan kebutuhan masyarakat dengan tetap mengacu kepada standar pendidikan yang ada Prodi Teknologi Pangan Unimus menggelar workshop Pemutakhiran kurikulum tanggal 23-24 Agustus 2013 bertempat di Kampus II Unimus Jl Kedungmundu Raya 22 Semarang.

Berkesempatan membuka acara adalah Dekan Fakultas Ilmu Keperawatan dan Kesehatan (Fikkes) H. Edy Soesanto, S.Kp, M.Kes. “Saya melihat masyarakat sangat membutuhkan kiprah dari lulusan Teknologi Pangan untuk menciptakan kerja maupun bekerja pada bidang pengembangan pangan baik sector formal maupun sector informal,” jelas Dekan Fikkes. “Harap dilihat standar kompentensi profesi secara nasional dan wawasan global,” imbuhnya.

Beberapa materi yang disampaikan antara lain materi pembuka ”Implementasi Visi Misi dan Catur Darma Perguruan Tinggi Dalam Kurikulum” disampaikan oleh Wakil Rektor Unimus DR Ir Nurrahman, MSi. Materi kedua untuk mewadahi Unimus sebagai Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) disampaikan materi tentang yang ”Implementasi Catur Dharma Pilar Al Islam dan Kemuhammadiyahan Dalam Kurikulum Program Studi Teknologi Pangan” oleh Rohmat Suprapto, S.Ag, M.Ag, ketua Lembaga Studi Islam dan Kemuhammadiyahan (LSIK) Unimus.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA
Nara sumber workshop

Materi ketiga terkait keprofesian workshop ini juga menghadirkan ketua Perhimpunan Ahli Teknologi Pangan (Patpi) cabang Semarang DR Ir Rika Pratiwi menyampaikan materi ”Kontribusi & Peran Strategis Ahli Pangan Dalam Pemecahan Masalah Pangan di Indonesia”. Dari pihak industri pangan dihadirkan Ibu Nur Aeni dari RAS Super Fries Co. Ltd. Perusahaan makanan dari Jepang yang juga salah satu alumni dari Teknologi Pangan Unimus menyampaikan materi Peran dan Kompetensi Softskill Lulusan Teknologi Pangan Dalam Industri Pangan”. Terakhir dilakukan diskusi kelompok per bidang dilanjutkan pleno menghadirkan semua stakeholder bidang pangan diantaranya dari klaster UKM Pangan, Balai POM, Badan Ketahanan Pangan, Industri, dan alumni.

CIMG4836
Suasana workshop

Ketua Prodi Teknologi Pangan Siti Aminah, STP, MSi memiliki harapan besar dengan kegiatan ini dapat meningkatkan kompentensi Prodi, Fakultas, maupun Universitas di tengah persaingan yang sangat kompetitif ini. Teringat pada 4 pilar pendidikan oleh Unesco tentang pendidikan sepanjang hidup (Life long learning), maka pendidikan formal juga mewadahi proses Learning to know, Learning to do, Learning to be, and Learning to live together. (admin/gus)

SARAN DAN MASUKAN KURIKULUM DI TEKNOLOGI PANGAN UNIMUS, SILAHKAN TINGGALKAN KOMENTAR DI BAWAH INI..TERIMA KASIH

Newer post older post home october 19, 2015 google announced today essay writer the start of doodle 4 google competition for this year under the theme what makes me me’.