DR Ir Nurrahman MSi

Dr. Ir. Nurrahman, M.Si, dosen pakar biokimia ini terlahir di Semarang tanggal 2 Agustus 1965 bertempat tinggal di Jl. Dinar Mas XII no. 11 Kelurahan Meteseh Kecamatan Tembalang Semarang. Gelar Insiyur di peroleh dari Fakultas Teknologi Pertanian Institut Pertanian Bogor  pada tahun 1989 Kerja keras dan pantang menyerah menjadi jiwa hidupnya, sehingga banyak pengalaman kerja diperoleh baik sebelum maupun setelah merampungkan studi S1 nya.

Karir sebagai pengajar terus meningkat setelah bergabung sebagai staf pengajar di Akademi Gizi Muhammadiyah Semarang pada tahun 1992  dan berkesempatan melanjutkan studi pada Fakultas dan perguruan tinggi yang sama dengan program S1 nya. Gelar Master of Science diperoleh pada tahun  1998 Doktor lulusan Universitas Gadjah Mada ini adalah salah satu inspirator lahirnya Fakultas Teknologi Industri dengan salah satu program studi S1 Teknologi Pangan setelah  Universitas Muhammadiyah Semarang (UNIMUS) lahir pada tahun 1999, sekaligus mengomandani Fakultas tersebut sebagai Dekan pada tahun  1999 sampai dengan 2002 Kecintaannya terhadap  profesi dan institusi menjadi kekuatan untuk mendorong pengembangan UNIMUS dalam bidang penelitian, sehingga pada tahun 2003 hingga 2007, berkonsentrasi di Lembaga Penelitian dan Pengabdian  pada Masyarakat UNIMUS sebagai sekretaris. Saat ini menjabat sebagai Wakil Rektor I bidang Akademik Unimus periode 2012-2016.

Dosen yang juga pernah belajar di pondok pesantren Ulil Al Bab Bogor ini juga menjadi nahkoda   pengelolaan badan penjaminan mutu Universitas pada tahun 2007 hingga 2011.Kesempatan studi lanjut jenjang S3 diperoleh pada tahun 2008, gelar Doktor disandang  pada tahun 2012.   Functional food, khususnya pengaruh pangan terhadap system imun menjadi minat penelitiannya. Penelitian   tesis mengangkat judul Pengaruh Konsumsi Sari Jahe terhadap Perlindungan Limfosit dari Stres Oksidatif pada Mahasiswa Pondok Pesantren Ulil Al Bab Bogor, sedangkan penelitian Disertasi bertema peran tempe dalam meningkatkan system imun.  Sebagian besar penelitiannya mendapatkan dana hibah dari Dikti, Danone dan lainnya.

Berbagai seminar  baik sebagai peserta maupun pemakalahdan publikasi di tingkat nasional maupun internasional telah ikuti, diantaranya pada Jurnal Agritech,  African Journal of Food Science, dan berbagai proseding seminar tingkat nasional dan internasional. Kegiatan pengabdian pada masyarakat dilakukan baik mandiri maupun kerjasama dengan Bappeda Kota Semarang, Bappeda Kabupaten Semarang dan Diknas Propinsi, diantaranya Pembinaan manajemen dan sanitasi pada UKM di bidang pangan di Kota Semarang, Pembinaan Keamanan Pangan di UKM Pangan di Kabupaten Semarang, Pemberantasan Buta Huruf di Kabupaten Blora, dan Identifikasi Warga Miskin Kota Semarang.

Meskipun sejak  awal tahun 2012 menjabat sebagai Wakil Rektor bidang akademik  UNIMUS, namun untuk mengajar khususnya pada Program Studi Teknologi Pangan serta beberapa program studi lain diantaranya D3   dan S1 Gizi serta Fakultas Kedokteran UNIMUS tetap memenuhi jumlah tatap muka yang ditargetkan. Mata kuliah yang diampu adalah: pengantar tekonologi pertanian, biokimia, pangan fungsional, pangan halal, metodologi penelitian, zat gizi makro, zat gizi mikro, metabolisme zat gizi dan evaluasi nilai biologis pangan,

Sisa waktu yang ada digunakan untuk mengabdikan keilmuannnya diperguruan tinggi lain di antaranya di program Magister Gizi Universitas Diponegoro sejak tahun 2006 hingga sekarang. Kesibukanya sebagai Dosen dan Wakil rektor tidak menyurutkan semangat juang untuk mengembangkan dan menghidup-hidupkan organisasi Muhammadiyah baik di tingkat  Ranting maupun Cabang, melalui partisipasi aktif sebagai Pimpinan.

Keterbukaannya terhadap komunikasi dan keilmuan yang dimiliki, membuat banyak pihak untuk dapat berdiskusi baik langsung maupun melalui handphone pada nomor: 08122502964  dan email : nurrahmanmail@yahoo.com

02-CV Nurrahman

Leave a Reply

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com