4 PKM Prodi Teknologi Pangan Unimus Lolos Didanai Kemristek Dikti Disiapkan Berkompetisi Di Tingkat Nasional

0
517
tim pkm 18
Masing-masing Ketua Tim PKM Prodi Teknologi Pangan Unimus

Empat proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dari Prodi Teknologi Pangan Unimus didanai oleh Kemristek Dikti melalui Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan melalui surat nomor 1020/B3.1/KM/2018 tertanggal 3 April 2018. “Kita patut bangga karena Unimus berada pada urutan ke 5 PTS terbanyak yang mendapat pendanaan, setelah UII Jogjakarta (92 PKM), UMS (52 PKM), UM Magelang (41 PKM), dan UMY (25 PKM). Prodi Teknologi Pangan menyumbang terbesar perolehan PKM di Unimus yaitu 4 PKM dari keseluruhan 23 PKM,” tutur Dr Nurhidajah STP MSi Kaprodi Teknologi Pangan Unimus.

Selanjutnya mekanisme penyaluran dana hibah melalui kontrak yang ditandatangani Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Rektor dan Koordinator Kopertis Wilayah VI yang akan dilakukan dalam waktu dekat. Empat proposal mahasiswa prodi teknologi Pangan Unimus terdiri dari 2 kategori yaitu 2 PKM Penelitian (PKMPE) dan 2 PKM Kewirausahaan (PKMK), masing-masing beranggotakan 3-4 mahasiswa dengan 1 dosen pembimbing.

PKM PE yang lolos berjudul “Potensi Limbah Kerang Simping Untuk Memperkaya Kalsium Sereal Jagung” dengan anggota  Safira firdaus, Anissa Indah Cahyati, dan  Ria Dwi Wahyu Nastiti pembimbing dosen Dr Siti Aminah STP MSi. PKM PE kedua berjudul “Black Soygurt Force, Potensi Soygurt Kedelai Hitam (Black Soygurt) Fortifikasi Sumber Kalsium Tepung Cangkang Telur Bebek Sebagai Inhibitor Osteoporosis” beranggotakan Wifayatul Ainiyah, Nasya Okta Mavazia, Tafarel Yudistira dibimbing oleh Dr Nurhidajah STP MSi.

Proposal PKMK yang lolos berjudul “Siap Food (Syar’i Appron Food) Inovasi Celemek Syar’i Motif Pangan Yang Mendunia Untuk Koki Muslimah”, beranggotakan Nur Hidayati Muttahidah, Reza Mualana, Fitria Riani Amfi, Alma Nur Faizah dibimbing oleh Dr Nurhidajah STP MSi. Judul PKMK kedua adalah “Eskaje (Es Krim Carica Jahe) Produk Global Cita Rasa” beranggotakan  Fina Astika, Mita Aprilia Arrofi,  Akhfi Indrianingsih, dan Agustina khalimatur Rahmah dengan pembimbing Dr Siti Aminah STP MSi.

pkm tp1Dijelaskan oleh Dr Nurhidajah STP MSi, “Mahasiswa Prodi Teknologi Pangan kita dorong untuk berkarya agar academic knowledge yang telah diperoleh selama kuliah dapat ditingkatkan dalam skill of thinking, management skill, dan communication skill. PKM yang diinisiasi sejak tahun 2001 secara umum bertujuan untuk meningkatkan iklim akademik yang kreatif, inovatif, visioner, solutif dan mandiri.”

Ditambahkan oleh Dr Ir Nurrahman MSi, “Keberhasilan mahasiswa dari Prodi Teknologi Pangan Unimus mendapatkan PKM terbanyak di Unimus tidak lepas dari kerja keras kita semua di prodi. Mahasiswa kita dampingi untuk menyusun proposal dimulai dari penggalian gagasan terlebih dahulu, kemudian dilanjutkan pembekalan ketrampilan teknis penyusunan proposal yang spesifik berdasarkan jenis PKMnya.”

PKM mencakup 7 (tujuh) bidang dengan 2 kategori besar yaitu 5 bidang PKM yang berbasis proposal, yaitu PKM-Penelitian (PKM-P), PKM-Kewirausahaan (PKM-K), PKM-Pengabdian kepada Masyarakat (PKM-M), PKM-Penerapan Teknologi (PKM-T), dan PKM-Karsa Cipta (PKM-KC). Kategori kedua adalah PKM yang berbasis artikel ilmiah yaitu PKM-Artikel Ilmiah (PKM-AI) dan PKM- Gagasan Tertulis (PKM-GT).

Ditambahkan kaprodi, “Kita berharap dapat berhasil menjalankan keempat PKM tersebut yang merupakan amanah bagi prodi untuk mengantarkannya berkompetisi di tingkat nasional, yaitu melalui ajang PIMNAS (Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional) seperti yang pernah kita raih sebelumnya.” Aamiin (Gus/admin)

This should be followed by the description of the size and https://essayclick.net/ structure of the particular business being considered in the organization.