Kunjungan Industri ke PT Nissin Biscuit Indonesia

0
4627
Diskusi santai tentang pembuatan roti di Nissin Emporium cafe dan Resto

Program Studi Teknologi Pangan dan Program Studi Gizi UNIMUS Senin 6 Mei lalu melakukan kunjungan Industri Pangan ke salah satu perusahaan pangan besar yaitu PT Nissin Biscuit Indonesia di Ungaran Jawa Tengah. Rombongan Unimus sebanyak 40 orang yang dipimpin bapak M Yusuf SSTPi, MSi diterima oleh staf maketing Nissin ibu Erna di Nissin Emporium Cafe dan Resto. Pendamping dari dosen ikut serta Bapak Agus Suyanto STP MSi, Ibu Hapsari Sulistya Kusuma SGz MKes, dan Ibu Yuliana Noor Setiawati Ulvie SGz MSc.

Setelah mendapat penjelasan singkat dengan menunjukkan maket pabrik rombongan diantar ke dalam pabrik melalui jalur khusus pengunjung melihat proses pembuatan wafer dan pembuatan cokies, mulai pemilahan bahan, pencampuran adonan (mixing), pengembangan adonan (proofing), pemotongan/pencetakan, pengovenan, hingga pengemasan.

Usai rombongan melihat proses produksi roti dianjutkan diskusi yang dipimpin oleh staf R&D Nissin bapak Haniel Yudiar, STP, MSi. Diskusi berlangsung hangat dilihat dari antusiasme mahasiswa bertanya hingga waktu yang tersedia diskusi habis mahasiswa masih ada yang mengacungkan tangan ingin bertanya. “Kami persilahkan mahasiswa yang ingin tahu lebih detail processing pembuatan roti di Nissin untuk mengajukan PKL ke sini. Kami sangat welcome,” tutur Bapak Haniel.

PT nissin di Ungaran sendiri merupakan salah satu pabrik dari Khong Guan group yang berpusat di Jakarta  yang memproduksi 3 merk yaitu Nissin, Monde dan Khong Guan. Dari Ungaran, Jawa Tengah, PT Nissin Biscuit Indonesia telah memproduksi makanan-makanan ringan sejak tahun 1977. Kemasan produk biskuit melayani semua kalangan yaitu kemasan kecil sampai kemasan kaleng besar. Nissin memulai produksinya dengan brand Butter Coconut, Frychip, Honey, Aynako, dan Longer Stick. ”Sejalan dengan perkembangannya, Nissin semakin variatif memproduksi biskuit, kue, kerupuk, makanan ringan dan wafer,” jelasnya.