Kuliah Umum Prodi Teknologi Pangan UNIMUS dengan Direktur INHART Malaysia

0
634
Prof Irwandi Jaswir PhD, sedang memberikan Kuliah Umum pada mahasiswa Teknologi Pangan UNIMUS
Prof Irwandi Jaswir PhD, sedang memberikan Kuliah Umum pada mahasiswa Teknologi Pangan UNIMUS

Prof Irwandi Jaswir PhD, Direktur International Halal research and Training (INHART) International Islamic University of Malaysia (IIUM) sabtu 25/2 berkenan memberikan kuliah tamu di Prodi Teknologi Pangan UNIMUS. “Merupakan kebanggaan dapat menghadirkan beliau untuk membekali mahasiswa Prodi Teknologi Pangan berkompenten di bidangnya, khususnya knowledge of halal food  dengan segala tantangan-tantangannya,” jelas Dr Nurhidajah STP MSi, Kaprodi Teknologi Pangan UNIMUS.

Berkenaan dengan kuliah umum tersebut juga diselenggarakan penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) antara kedua belah pihak “Signing Ceremony International Collaboration and Scientific Discussion, INHART and UNIMUS.” Unimus diwakili WR II Dr Sri Rejeki SKp, MKes. MoU berisi kerjasama bidang akademik, riset dan mobility for student and staff. Dr Sri Rejeki sangat mengapresiasi kegiatan ini  dan mendorong terwujudnya Riset pusat halal di UNIMUS.

Prof Irwandi yang pernah mendapat penghargaan Anugerah Saintis Muda Asia Pasifik (2009) di Thailand yang diprakarsai oleh Scopus (situs basis data pencarian jurnal ilmiah dan indeks kutipan terbesar di dunia), juga Habibi Award (2013) menekankan pentingnya keilmuan halal bagi mahasiswa Teknologi Pangan dengan ciri Islam yang telah melekat pada Muhammadiyah. “Ini akan menjadi pembeda dengan lainnya. Halal banyak berhubungan dengan berbagai aspek, sehingga ke depan UNIMUS bisa memiliki pusat studinya untuk memacu peningkatan produk halal di Indonesia yang pasarnya sangat besar,” jelasnya pria kelahiran Medan Sumatra Utara ini.

“Prof Irwandi sangat strategis posisinya sebagai direktur INHART IIUM Malaysia yang digandeng oleh Jawatan Kemajuan Islam Malaysia (JAKIM) dalam pengembangan halal center,” Jelas Dr Nurhidajah yang beberapa waktu lalu bersama staf dan mahasiswa pernah studi banding ke INHART Malaysia.

Ditambahkan oleh Irwandi yang alumni S1 Fateta IPB, “Semestinya negara-negara berpenduduk mayoritas Islam bisa memaksimalkan pasar halal yang terus tumbuh di tingkat global. Dia mencontohkan, di Malaysia, pemasok terbesar bahan tambahan makanan adalah Thailand. Jumlahnya sangat besar, mencapai 70 persen. Itulah tantangannya, kita perlu menggali dan mengoptimalkan potensi yang kita miliki guna turut berkompetisi dan ambil bagian dalam pasar produk halal.”

Dari kiri: Dr Nurhidajah, Dr Sri Rejeki, Prof Irwandi, M Yusuf PhD
Dari kiri: Dr Nurhidajah, Dr Sri Rejeki, Prof Irwandi, M Yusuf PhD

“Kita bisa belajar dari Prof Irwandi, saintis muda muslim dalam Food Chemistry and Biochemistry khususnya halal food research. Dia memiliki catatan 40 karya ilmiah di jurnal internasional serta 60 karya ilmiah di konferensi internasional. Belum lagi puluhan artikel ilmiah populernya di berbagai media massa, serta lima artikel bab buku (book chapter) di buku ilmiah internasional, “ jelas Agus Suyanto STP MSi dosen Prodi Teknologi Pangan Unimus dalam penelusuran jejak Prof Irwandi ilmuwan muda muslim yang berpengaruh di Asia Pasifik. Irwandi juga mendapatkan penghargaan yang bergengsi Best Innovation Award pada forum World Halal Research Summit (WHRS) 2010 di Kuala Lumpur, Malaysia dengan karya risetnya yang berjudul Nano-Structural Properties of Alternative Collagen for Halal Industry (Sifat Struktur-Nano Kolagen Alternatif untuk Industri Halal). Tahun 2006 beliau juga mendapat Medali Emas pada “The 34th International Exhibition of Inventions, New Techniques and Products of Geneva”  dengan riset “Rapid Method for Detection of Non-halal Substances in Food.”

What next after this, pertanyaan untuk kita semua?”. Rektor UNIMUS Prof Dr Masrukhi mendorong inisiasi pembentukan Halal Research Center di UNIMUS. Dalam waktu dekat juga akan dilakukan kerjasama dengan Halal Centre Chulalongkorn University Thailand. Siap! (Gus, admin)

 

 

This is basically a voice enabled formatting functionality that allows https://justdomyhomework.com docs users to easily edit and format their documents using voice commands.