Dr Nurhidajah STP MSi

Dr. Nurhidajah, S.TP., M.Si, dosen kelahiran Semarang  pada tanggal 11  Nopember 1969, sekarang tinggal di Jl. Bukit Cemarasari I Blok CN No 01, Perum Bukit Kencana Jaya. Kecintaannya terhadap almamater membuatnya untuk memilih mengabdikan diri di Akademi Gizi Muhammadiyah Semarang (AKZI) setelah  menyelesaikan pendidikan di AKZI Muhammadiyah pada tahun 1991. Menjadi asisten dosen di AKZI ini, telah menggembleng dan memotivasi untuk menetapkan dirinya menjadi pengajar, sehingga  ada dorongan kuat untuk mengembangkan keilmuannya, dan kesempatan studi lanjut ke jenjang strata 1 pun tidak dilewatkan. Gelar Sarjana Teknologi Pertanian (S.TP), diperoleh dari IPB Jurusan Teknologi Pangan dan Gizi Fakultas Teknologi Pertanian pada tahun 2002. Pengawasan mutu  menjadi bidang yang diminatinya. Master sains (MSi) diperoleh dari Magister Ilmu Gizi Progam Pascasarjana Undip Semarang, sedangkan gelar Doktor dari Program Doktor Ilmu Pangan UGM Jogkjakarta (2016)

Dosen yang tekun, cermat dan teliti ini, pada tahun 2005 mendapat amanah untuk melanjutkan pengelolaan program studi S1 Teknologi Pangan sebagai sekretaris program studi, hal ini pula yang menjadi kekuatan untuk mengambil kembali kesempatan studi lanjut disamping kecintaannya terhadap keilmuannya. Program Magister Gizi Masyarakat konsentrasi Ilmu Pangan  Universitas Diponegoro menjadi pilihannya untuk memperdalam ilmu pangannya dan berhasil diselesaikan tepat waktu pada tahun 2009 dengan meraih gelar Master of Science. Tidak mau berhenti pada tataran Master dalam keilmuaanya, pada tahun 2010 Dosen yang tahan banting ini kembali tidak melewatkan kesempatan belajar pada program Studi Ilmu Pangan Universitas Gadjah mada untuk meraih gelar Doktor.

Kerja keras dan prinsip terus mencoba  dibidang penelitian dan pengabdian pada masyarakat membuahkan kesempatan untuk mendapatkan pendanaan hibah baik internal maupun eksternal seperti Diknas dan Dikti. Penelitian dan pengabdian pada masyarakat yang pernah dilakukan diantarannya adalah tentang Kajian Teknologi Pembuatan Tepung Kacang Hijau Instan dan Analisa Nilai Gizinya, Nutrifikasi Makanan Jajanan Berbasis Terigu dengan Penambahan Tepung Tempe, Pengetahuan Keamanan pangan pada penjual makanan jajanan di lingkunan Sekolah Kel. Wonodri Semarang, Chips Tempe Sebagai Alternatif Makanan Jajanan Pengganti Junk Food, Daya Terima Dan kualitas Protein In Vitro Tempe Kedelai Hitam (Glycine Soja) Yang Diolah Pada Suhu Tinggi, Kadar Protein, Kalsium Dan Daya Terima Tepung Limbah Rajungan, Kajian Aktivitas Antibakteri Minuman Fungsional Tempe Kedelai Hitam Dengan Penambahan Ekstrak Jahe, Sedangkan pengabdian yang pernah dilakukan diantaranya: Program Life Skill Produksi Kripik Berbasis Teknologi Bagi Ibu ‘Aisyiyah kecamatan Tembalang Semarang, IbM untuk Kelompok Usaha Kerupukdi Boja Kendal Mata kuliah yang diajarkan oleh Dosen pada program studi S1 Teknologi Pangan dan Program Studi Gizi ini,  adalah pengawasan mutu makanan, keamanan pangan, Pangan Fungsional, Teknologi Penyimpanan dan Pengemasan.Sejak mahasiswa telah aktif di organisasi otonom yaitu Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) dan melanjutkan tranformasi kader di Nasyiatul ‘Aisyiyah Kota Semarang. Saat ini disela-sela waktu sibuknya untuk mengajar, mengelola program studi, dan menjadi Ibu dari 3 orang putra putrinya, masih ada waktu tersedia untuk aktif di organisasi ‘Aisyiyah yang telah menjadi komitmennya  untuk menjadi pelangsung, penggerak dan penyempurna organisasi Muhammadiyah. No handphone dan e mail tersedia untuk siapapun yang berkeingan berdiskusi, yaitu : 08122892497, inung.bkj@gmail.com

Leave a Reply

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com