Dr Siti Aminah STP MSi

Dr Siti Aminah, S.TP., M.Si,  Perempuan dengan 3 orang putra dan putri ini terlahir di Desa Sendang Kecamatan Bringin Kabupaten Semarang pada tanggal 21 Nopember 1969. Saat ini bersama keluarga tinggal di Jl. Amposari RT V RW III Kelurahan Kedungmundu Kecamatan Tembalang Kota Semarang.     Tawaran dari Direktur Akademi Gizi Muhammadiyah (AKZI) Semarang untuk berga bung menjadi Staf Akademi almamaternya  sebelum diwisuda sebagai lulusan Akademi Gizi Muhammadiyah (AKZI) diterimanya, dan menjadi kesempatan untuk menimba pengalaman  menjadi pengajar yang dimulai dari  menjadi asisten dosen,  khususnya pada mata kuliah teknologi pengolahan pangan.

Keterbatasan  sumber daya manusia bidang pangan diAKZI Muhammadiyah, mendorong dosen ini mendalami ilmunya dengan mengambil kesempatan tugas belajar  pada program Strata 1  bidang pangan, sehingga memperoleh gelar Sarjana Teknologi Hasil Pertanian (S.TP), dari Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya Malang pada tahun 1999. Komitmennya terhadap profesi  dan kesadaran yang tinggi akan  fungsi dan   perannya sebagai pengajar, memacunya membulatkan tekad untuk belajar sepanjang hayat, hingga diperolehnya  peluang studi lanjut pada strata S2 pada Program Magister Gizi Masyarakat konsentrasi Ilmu Pangan Universitas Diponegoro Semarang. Pendidikan ini ditempuh selama 4 semester dan berhasil meraih Gelar Magister of Science pada tahun 2009.Tahun 2011 kembali mengambil kesempatan studi lanjut S3 pada program studi Ilmu Pangan Universitas Gadjah Mada

Kesenangannya berorganisasi terakomodasi semenjak menjadi mahasiswa,  sehingga aktifitas    organisasi kemahasiswaan baik  Keluarga Mahasiswa AKZI maupun Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah pun tidak terlewatkan. Pada 1991-1993 sempat menjadi ketua Immawati PC. Kota Semarang.  Hoby berorganisasi masih  berlanjut pada organisasi otonom putri Muhammadiyah yaitu Nasyi’atul ‘Aisyiyah Kota Semarang, tranformasi perkaderan diterapkan pada dirinya, sehingga pada usia yang ke empat puluh, fokus berkiprah di ’Aisyiyah (Ketua Majelis Tabligh PRA Kedungmundu; Sekretaris MPK PWA Jateng 2006-2010); Wakil Ketua PCA Tembalang (2005-2010); Ketua PCA Tembalang (2010-2015),  Anggota MPK  PDA Kota Semarang (2006-2010); Wakil Sekretaris PWA Jateng (2011-2015); Sekretaris PWA Jateng (2015-2020). Tidak ketinggalan organisasi profesi Perhimpunan Ahli Teknologi Pangan juga menjadi bagian dari aktivitas organisasisnya. Aktivitas tersebut telah banyak memberikan bekal keorganisasian dan kepemimpinan. Akademisi yang senang dekat dengan ibu-ibu dalam belajar lifeskill ini pernah mendapat amanah menjadi Direktur AKZI pada tahun 2001-2003,  sebelum ditugaskan pada program studi S1 Teknologi Pangan, pernah membantu mengelola program Studi DIII Gizi sebagai sekretaris. Tahun 2008, resmi berpindah tugas dan berhome base pada Program Studi S1 Teknologi Pangan. Selama 2 periode mendapatkan amanah menjadi Ketua Program Studi S1 Teknologi Pangan (2008-2016).

Kesenangannya untuk mencoba mengotak-atik bahan makanan menjadi pangan olahan, menjadikan minatnya semakin kuat untuk  berkonsentrasi pada keilmuan  pengolahan pangan. Selain mengajar pada program Studi S1 Teknologi Pangan, juga mengajar pada program DIII dan S1 Gizi, mata kuliah yang diajarkan adalah Ilmu bahan makanan dasar dan lanjut, Teknologi Pengolahan Pangan, Mikrobiologi,  Sanitasi Pangan dan Kemanan Pangan, Teknologi Bumbu dan Rempah.

Beberapa kesempatan mendapatkan dana hibah penelitian telah diperolehnya, diantaranya hibah penelitian dosen muda dan kajian wanita maupun hibah kompetisi. Diantara penelitian yang pernah dilakukan adalah: Praktek Penggorengan dan Mutu Minyak Goreng Sisa Pada Rumah Tangga di RT V RW III Kedungmundu Tembalang Semarang (Penelitian Internal UNIMUS, Ketua; 2009); Analisis Akrilamide pada Kudapan dari Umbi-umbian(Penelitian Dosen Muda, Anggota, 2009); Kajian Potensi Tepung Kecambah Kacang-kacangan dan Serelalia sebagai Formula Makanan Pendamping ASI (Penelitian Dosen Muda, Ketua, 2009); Retensi Vitamin A pada Tempe dan Minyak Goreng Curah Terfortifikasi selama Pengulangan Penggorengan (Tesis, 2009), Aktivitas Anti Bakteri dan Total Polifenol Campuran Kecambah Kacang-Kacangan  dan Kecambah Beras Coklat (Penelitian Dosen Muda, Anggota, 2010); Potensi Campuran Kecambah Beras Coklat dan Kecambah Kedelai Sebagai Minuman Fungsional Tinggi Serat dan Protein (Penelitian Dosen Muda, Ketua); Bilangan Peroksida Minyak Goreng Curah dan Sifat Organoleptik Tempe pada Pengulangan Penggorengan (Penelitian Mandiri, Ketua); Pembuatan Tepung Kecambah Serealia dan Kacang-kacangan untuk Formulasi Bubur Bayi  (Hibah Bersaing, Ketua, 2012). Tempe Fortifiksi untuk Penanggulangan Anemia Gizi Besi pada remaja (Hibah bersaing, Anggota, 2012). Analisis Profil Protein Lactobacillus Berbasis SDS-PAGE Electrophoresis Sebagai Starter Probiotik Penurun Kolesterol Pada Pembuatan Yoghurt Lidah Buaya (Hibah bersaing, Anggota, 2013). Potensi Kecambah Jagung dan Kecambah Kedelai Tergranulasi untuk Aktivitas Remodeling Tulang pada Tikus dengan Panhisterektomi (Hibah bersaing Tahun I, Ketua, 2014). Kandungan Isoflavon Tepung Kecambah Kedelai Terelisitasi (Ketua, Mandiri, 2014). Potensi Kecambah Jagung dan Kecambah Kedelai Tergranulasi untuk Aktivitas Remodeling Tulang pada Tikus dengan Panhisterektomi (Hibah bersaing Tahun I, Ketua, 2015). Kemampuan Formula Tepung Kecambah Jagung dan Kecambah Kedelai yang Diperkaya dengan Cangkang Telur untuk Pencegahan Deplesi Estrogen pada Tikus yang di Ovariktomi (PPT tahun I, Ketua, 2016). Kemampuan Formula Tepug Kecambah Jagung dan Kecambah Kedelai yang Diperkaya dengan Cangkang Telur untuk Pencegahan Deplesi Estrogen pada Tikus yang di Ovariktomi ( PPT Tahun II, Ketuam 2017). Potensi Tepung Kecambah Kedelai terelisitasi untuk pencegahan osteoporosis pada tikus ovariektomi (Disertasi, 2017)

Sedangkan pengabdian pada masyarakat yang pernah dilakukan diantaranya adalah Peningkatan Kesejahteraan Lansia dengan Pemanfaatan Sampah Plastik dan Pupuk Kandang dalam Penyediaan Tananam Obat dan Sayuran (Pengabdian internal, Anggota, 2009), Pemberdayaan Anak-anak Panti Asuhan  Yatim Dhuafa Khaira Ummah Sayung Demak Melalui Penerapan Teknologi Produksi dan Pemasaran Nugget Ikan Laut (Hibah Penerapan IPTEKS, Anggota, 2009); Introduksi Teknologi Produksi Keripik Sayuran Untuk Meningkatkan Pendapatan Ibu-Ibu Anggota Dasa Wisma di Amposari Kedungmundu Tembalang Semarang ( Hibah penerapan IPTEKS, Anggota, 2010). IbM. Ipteks Bagi Masyarakat Produsen Keripik Singkong di Kecamatan Mijen (Ibm, Anggota, 2011); Program Penerapan dan Pengembangan KKN Desa Vokasi: Pemberdayaan Ibu-Ibu PKK melalui Kegiatan peanfaatan limbah Tahu (ampas tahu) menjadi produk pangan alternative (Tepung, krupuk, dan kue kering di Desa Adiwerna Kabupaten Tegal(KKN PPM, Anggota, 2013); Pelatihan Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat petani Pengolah Buah Kawis menjadi Sirup Kawis, Dodol Kawis, selai Kawis Bagi Masyarakat  di Kota Bima NTB (CSR: Pertamina, 2013); IPTEKS bagi Kewirausahaan di Universitas Muhammadiyah Semarang (Anggota, 2013); Pelatihan pembuatan produk makanan berbahan baku ampas tahu di Panti Asuhan Muhammadiyah Semarang (Pengabdian, Unimus, 2013); IbM Home Idustri Nata de Coco (Sari Kelapa) IbM Home Idustri Nata de Coco (Sari Kelapa) (IbM, Anggota, 2014); Pengembangan Usaha-Usaha Vokasi di Desa Asinan Kecamatan Bawen Kabupaten Semarang (IbM, Anggota, 2015); IbM Pedagang Jamu Gendong Di Desa Sumbersari Wonolopo (Anggota, 2015); Pemberdayaan Masyarakat Melalui Optimaslisasi Pemanfaatan Buah Kawis Menjadi Aneka Produk Pangan Kreatif dan Produktif, di Desa Selopuro Kecamatan Lasem Kabupaten Rembang (KKN-PPM, Ketua, 2015); Pelatihan ekonomi Produktif, pengolahan Lele menjadi berbagai produk pangan bagi Nelayan di Cilacap( CSR, Pertamina, 2015). Pelatihan ekonomi Produktif, pengolahan buah dan sayur  bagi Sumogawe Kopeng Kab. Semarang ( CSR, Pertamina, 2015).

Menjadi nara sumber pada program pengabdian di masyarakat, seperti: pembinaan teknologi tepat guna pengolahan jambu getas merah di wilayah Kabupaten Kendal, pembinaan produksi kripik pada program life skill kelompok usaha ‘Aisyiyah kecamatan Tembalang. Disela-sela rutinitas waktunya, sebulan sekali  menyempatkan diri untuk dekat dengan lansia dan ibu-ibu pada kelompok dasa wisma, dengan memberikan penyuluhan seputar keamanan pangan dan kesehatan.

Banyak teman untuk diskusi membuat kenyamanan dalam memperbanyak pengetahuan, senang berkomunikasi terbuka baik langsung maupun tidak langsung, sarana komunikasi tersedia pada no. telp.0817454310 dan e-email saminah92@yahoo.com, aminahunimus@gmail.com

Leave a Reply

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com