Mahasiswa Teknologi Pangan UNIMUS Terpilih Dalam Program Pertukaran Mahasiswa ke Jepang

Irma Fitriana Ardi Kusumawati

Irma Fitriana Ardi Kusumawati

IRMA FITRIANA ARDI KUSUMAWATI, mahasiswa semester 5 Prodi Teknologi Pangan Unimus, termasuk salah satu yang beruntung dari 20 peserta pertukaran pemuda dan mahasiswa muslim (Japan Friendship Exchange for Islamic Students/Youth Union) seIndonesia ke Tokyo Jepang pada 2-10 Oktober 2017. “Selamat atas keberhasilan dan terpilihnya Sdri Irma menjadi duta Prodi, duta Unimus dan juga duta Indonesia dalam program JENESYS (Japan East Asia Network of Exchange for Student and Youths) yaitu  program pertukaran pelajar dan pemuda yang diselenggarakan oleh Japan International Cooperation Center (JICE),” sambut Dr Nurhidajah STP MSi Kaprodi Teknologi Pangan Unimus. Sebelumnya juga telah diselenggarakan upacara pelepasan oleh Rektor di depan civitas akademika Unimus

Rohmat Suprapto SAg MSi pengasuh Ponpes Putri KH Syahlan Rosyidi Unimus yang mendampingi Irma dalam proses seleksi yang diselenggarakan PP Muhammadiyah menyampaikan, “Alhamdulillah dan selamat kepada Sdr Irma, harapan kami ini bisa meningkatkan kualitas santri dan institusi Unimus. Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan Islam yang berkemajuan sekaligus mengenal dan mempelajari budaya bangsa dan masyarakat Jepang. Sdri Irma dapat mengambil sisi positif nilai-nilai dan karakter bangsa Jepang yang kuat, kreatif, dan penuh tanggung jawab.”

Dari Kiri: Dr Nurhidajah, Dr Sri Rejeki (Warek II), Dr Samsudi R (Warek III), Irma, dan Rahmat Suprapto SAG MSi

Dari Kiri: Dr Nurhidajah, Dr Sri Rejeki (Warek II), Dr Samsudi R (Warek III), Irma, dan Rahmat Suprapto SAG MSi

M Yusuf PhD kabiro Kantor Urusan Internasional dan Kerjasama Unimus menambahkan, “Mahasiswa adalah calon pemimpin masa depan, manfaatkan waktu dan kesempatan untuk membekali diri. Irma bisa menjadi contoh bagi mahasiswa lain. Irma memiliki catatan positif sehingga pantas memenangkan kompetisi ini. Dia aktif di Himpunan Mahasiswa Jurusan HIMATEPA, Himpunan Mahasiswa Peduli Pangan Indonesia (HMPPI), UKM Gonimus dan juga Pramuka. Punya prestasi Juara Harapan 3 Lomba Kreativitas Teknologi Pangan Tingkat Pelajar dan Mahasiswa se Jawa, dan pernah berkompetisi dalam debat  Bahasa Inggris Tingkat Universitas.”

irma flyer 1Irma sangat berterima kasih kepada Unimus dan mohon doa restu untuk keberangkatannya ke Jepang. “Bersama 20 duta dari seluruh Indonesia nanti kami akan bergabung dengan duta dari negara-negara Asean yang mengikuti program ini. Kegiatan orientasi dan diskusi/workshop akan diselenggarakan di beberapa tempat seperti di Waseda University, Meji Jungu Shrine dan Zenko-ji Temple yang merupakan historical landmark of Japan, Hukuba Ski Jumping Stadium, commercial facility di Odaiba, kunjungan ke kawasan Industri Shinshu Fruitland (harverting experience of fruits), Daio Wasabi Farm, ISHII MISO CO.LTD (fermented soybean paste), dll.” jelas Irma di depan dosen dan mahasiswa Prodi Teknologi Pangan Unimus dalam acara pelepasan.

Dr Nurhidajah STP MSi menambahkan, “Manfaatkan sebaik-baiknya kunjungan Sdri Irma, sangat cocok dengan prodi Teknologi Pangan kalau dilihat agenda kunjungan industrinya. Ini juga langkah awal Unimus untuk membangun jejaring dan kerjasama dengan industri dan perguruan tinggi di Jepang, setelah Unimus juga telah membangun kerjasama dengan Singapura, Malaysia, Thailand, Korea Selatan, Taiwan, Norwegia, dan Tiongkok.”

Kami tunggu oleh-olehnya Sdri Irma berupa big and nice experiences, semoga berjalan lancar. (Gus/admin).

 

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com