Field Trip Mahasiswa Teknologi Pangan UNIMUS ke Industri Keju Indrakila Boyolali

Rombongan Field Trip Teknologi Pangan UNIMUS

Rombongan Field Trip Teknologi Pangan UNIMUS

Kamis (20/4/2017) mahasiswa  semester 2 dan 4 Prodi Teknologi Pangan UNIMUS melakukan kunjungan lapang (field trip) industri  ke Pabrik Keju Indrakila Kabupaten Boyolali  Jawa Tengah.  Keju Indrakila adalah nama merk dagangnya, industri di bawah Koperasi Serba Usaha (KSU) Boyolali  didirikan oleh Bpk Noviyanto ST tahun 2009 lalu. Berdirinya koperasi yang menghimpun para peternak sapi perah hingga mampu memproduksi keju tidaklah mudah, apalagi Bpk Noviyanto bukanlah seorang food scientist. Berawal dari kegigihan Bpk Noviyanto untuk memberdayakan ekonomi masyarakat sesuai dengan potensi yang dimilikinya yaitu susu sapi, diolahnya menjadi keju.

“Pengalaman kami bergelut dengan masyarakat dalam program pemberdayaan, kami berpikir untuk mengangkat ekonomi masyarakat dengan membuat produk unggulan daerah. Dengan fasilitasi dari Lembaga Donor Pemerintah Jerman (DED) dan Forum Economic Development and Employment Promotion (FEDEP) Pemkab Boyolali berdirilah KSU Boyolali yang memproduksi keju,” kenang Noviyanto.

Dr Nurrahman menyerahkan cinderamata ke Bp Romy

Dr Nurrahman menyerahkan cinderamata ke Bp Romy

“Kunjungan industri pangan sangatlah menarik bagi kami, apalagi juga ada dosen yang mendampingi, sehingga kami bisa menanyakan kepada dosen dan  pihak industri tentang banyak hal yang belum kami ketahui,” jelas Fuady Shobur mahasiswa semester 2 yang memimpin rombongan Field Trip. Rombongan didampingi dosen yaitu Dr Ir Nurrahman MSi dan M Yusuf STPi MSi PhD. Ditambahkan oleh M Yusuf, “Kenapa kami pilih KSU Boyolali dalam kunjungan industri ini, karena kami ingin mahasiswa mengetahui proses produksi keju dan bagaimana memenej sebuah wirausaha berbasis sumberdaya yang dimiliki suatu daerah. Kesuksesan KSU Boyolali patut dicontoh, dan banyak daerah telah belajar kepadanya.”

Mahasiswa puas dan menikmati field trip ini, didampingi manajer produksi Bapak Romi, mereka diajak melihat proses produksi, mulai dari bahan masuk yaitu susu segar, proses pasterusisasi, pemeraman dengan stater Bakteri Asam Laktat dan Streptococcus lactis, penggumpalan susu menjadi dadih menggunakan enzim rennet, pengolahan dadih dan tahap pematangan dadih menjadi keju. Tak ketinggalan mahasiswa juga disuguhi susu pasteurisasi dan keju Indrakila. “Senang dan bangga karena masyarakat kita mampu membuat keju yang bisa bersaing produk yang sudah eksis di pasaran,” jelas Fuady. “Rasanya enak,” tambahnya.

Varian Keju Indrakila (Foto Indonesiaentrepreneur.co.id)

Varian Keju Indrakila (Foto Indonesiaentrepreneur.co.id)

Saat keju Indrakila telah memiliki kapasitas produksi  1 ton susu segar setiap harinya, diolah menjadi 6 varian jenis keju yang sangat disukai pelanggan, yaitu :

  1. Keju Mozarella kuning bertahan antara 4-6 bulan,
  2. Keju Mozarella fresh yang dikemas bersama air olahan keju sehingga menghasilkan tekstur yang lebih lembut
  3. Keju jenis Mountain dengan waktu pematangan sampai 3 bulan dan menghasilkan keju yang padat dan rasanya lebih tajam. Keju Mountain Chili dengan keunikan adanya rasa pedas dari cabai
  4. Keju Feta terbuat dari bahan dasar Susu Domba dengan rasa yang paling asing di bandingkan dengan keju lainnya, dan ada juga yang di berikan variasi rasa seperti Feta blackpepper dan Feta Oliver oil.
  5. Keju Parmesan adalah keju yang proses pematangannya memakan waktu hingga 1 tahun dan menghasilkan keju yang lebih keras dari mountain dan memiliki rasa yang unik dan menjadikan keju ini memiliki harga yang paling tinggi di banding yang lainnya
  6. Keju Boyobert mempunyai tekstur yang lembut .

indrakila 2“Keju Parmesan dan Boyobert adalah keju unggulan kami. Saat ini keju Indrakila telah banyak dikenal masyarakat dengan area pemasaran di kota-kota besar di Indonesia, banyak dijumpai di restourant tempat-tempat wisata yang menyediakan menu dengan bahan keju. Kalau ke Boyolali jangan lupa beli keju ya,” jelas Bpk Romy mempromosikan produknya kepada rombongan UNIMUS. Siap Pak. (Fuady/Gus Admin)

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com