Lebih Dekat dengan Halal Science Center Chulalongkorn University Thailand

M Yusuf PhD dengan Direktur HSC-CU Prof Winai Dahlan

M Yusuf PhD dengan Direktur HSC-CU Prof Winai Dahlan

Apa yang menarik dari Halal Science Center Chulalongkorn University Thailand sehingga UNIMUS mengirimkan beberapa staf dosen dan Mahasiswa untuk mengunjungi dan mengadakan MoU dengannya pada 1-7 Maret lalu? Kendati Thailand negeri dengan julukan seribu Pagoda dimana penduduk muslimnya minoritas, namun riset halal di Chulalongkorn University sangat maju yang didukung peralatan sangat canggih. Berawal dari rintisannya di tahun 1994 berupa Central Laboratory and Scientific Information Center for Halal Food Development (Halal-CELSIC)  oleh Assoc Prof Dr Winai Dahlan kemudian 3 Agustus 2003 berubah menjadi Halal Science Center (HSC-CU) dengan dukungan Pemerintah Kerajaan Thailand.

HSC-CU merupakan salah satu badan penelitian pertama di dunia dengan spesialisasi bidang sains halal food. Pantas pada 2006 mendapat penghargaan “Best Innovation in the Halal Industry” dari  Halal Journal  Malaysia  sebagai “the first dedicated Halal Science institution in the world” yang diberikan oleh Perdana Menteri  Malaysia Abdullah Badawi. Tujuan pendiriannya adalah untuk membantu Komite Islam Thailand dalam melaksanakan misinya, terutama dalam sebagai Halal Certification Agency.

“Menariknya lagi, perintis dan Direktur HSC-CU Assoc Prof Dr Winai Dahlan adalah cucu dari pendiri Ormas Islam Muhammadiyah KH Ahmad  Dahlan, sehingga beliau sangat senang mendapat kunjungan dari UNIMUS,” tutur M Yusuf PhD yang Direktur IRO Unimus yang ikut serta dalam rombongan studi banding. Ditambahkan, berdasarkan dedikasi dan karya penelitiannya yang sangat berguna tidak hanya bagi umat Islam tetapi juga bagi Kerajaan Thailand dan dunia ilmu pengetahuan pada umumnya, Dr. Winai sebagai seorang ilmuwan (dosen Faculty of Allied Health Sciences Chulalongkorn University) telah dianugerahi Dusdee Mala Medal, yaitu medali tertinggi dari Raja Thailand.

Salah satu aktivitas di laboratorium HSC CU (Foto HSC CU)

Salah satu aktivitas di laboratorium HSC CU (Foto HSC CU)

Dalam melakukan tugasnya, HSC-CU membangun jaringan dan kerjasama dengan laboratorium sains halal lain di dunia untuk kepentingan umat dan ilmu pengetahuan. Selain itu, HSC-CU telah berperan aktif memimpin Working Group on Halal Products and Services (HAPAS) dalam kerangka Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle (IMT-GT).
Ditambahkan oleh M Yusuf PhD yang juga staf dosen di Prodi Teknologi Pangan UNIMUS, HSC-CU didukung oleh peralatan canggih untuk mendeteksi komponen non halal seperti protein Babi dengan menggunakan peralatan Real Time Polymerase Chain Reaction (PCR)  untuk menganalisa DNA binatang dalam produk pangan. Juga ada peralatan Fourier Transform Infrared Spectroscopy (FTIR) untuk mendeteksi kandungan  minyak babi. Juga peralatan-peralatan lain untuk mendeteksi ingredient pangan apakah alkohol atau lainnya seperti Gas-Liquid Chromatography (GLC), Gas Chromatography Coupled with Mass Spectometry (GC-MS), Inductively Coupled Plasma Spetrometry, dan lainnya.

Delegasi UNIMUS bersama Direktur SHC CU Prof Winai Dahlan

Delegasi UNIMUS bersama Direktur SHC CU Prof Winai Dahlan

“Pada awalnya kami berpikir, sebagai muslim apa yang bisa saya lakukan untuk agama saya dengan anugerah Allah Swt yang diberikan kepada saya sebagai ilmuwan?” kurang lebih seperti itu ungkapan kerisauan Prof Winai Dahlan dimana dia harus tetap berdakwah dimana pun dia berada. Perlu diketahui jumlah penduduk muslim Thailand sekitar 3 juta (4,6%) dari 66 juta total penduduk. Dengan berbagai alat dan kesungguhan untuk melaksanakan kajian tentang halal maka HSC-CU telah mengkaji lebih dari sepuluh ribu produk yang direkomendasikan untuk dimintakan fatwa Majelis Ulama setempat. Selain itu, kerja sama dengan lembaga sejenis dan perusahaan telah dilakukan untuk memajukan pangsa pasar makanan halal di dunia. Challange bagi kita semua yang ternina bobokan dengan besarnya jumlah, semoga kita tambah maju dengan spirit dari Prof Winai Dahlan. Aamiin (Agus Suyanto, admin)

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com