Teknologi Pangan UNIMUS menggandeng Perusahaan Pangan

0
529
h syafrudin
Kuliah tamu bersama Direktur PT TOSS H Syafrudin SE

Program Studi Teknologi Pangan Universitas Muhammadiyah Semarang (UNIMUS) bermitra dengan PT Total Samudra Sejahtera (PT TOSS) Purwakarta Jawa Barat, perusahaan eksportir ikan dalam kaleng, untuk penyaluran lulusannya bekerja di perusahaan tersebut. Tersedia lowongan di perusahaan tersebut untuk posisi quality control, analis/laboratorium, produksi, planning production inventory control. “Disamping itu, kami senang selama studi mahasiswa juga dapat Praktek Kerja Lapang (PKL) di tempat kami, termasuk kegiatan penelitian bagi dosen dan mahasiswanya,” jelas H Syafruddin SE, Direktur PT TOSS saat memberikan kuliah tamu di UNIMUS sabtu 30 Juli lalu.

Soft skill atau ketrampilan yang berhubungan dengan kepribadian sangat diperlukan ketika mereka memasuki dunia kerja, seperti kemampuan beradaptasi di lingkungan barunya,” tambahnya. Syafrudin juga mendorong mahasiswa untuk meningkatkan hard skill atau ketrampilan di bidang food technology dengan melakukan magang di perusahaan di waktu liburan semester misalnya. “Kurikulum di Teknologi Pangan UNIMUS sudah cukup menjadi bekal bekerja di perusahaan pangan,” jelasnya.

Kegiatan kuliah tamu yang kedua di tahun ini adalah ajang pertemuan mahasiswa dengan alumni dalam momentum Halal bi Halal untuk saling berbagi pengalaman dan share informasi. “Sangat bagus acara ini, saya jadi tahu dunia kerja dan kiat-kiat memperoleh pekerjaan saat sudah lulus nanti,” ungkap Muhammad Ammar Ketua Himpunan Mahasiswa Teknologi Pangan (HIMATEPA) UNIMUS. Ditambahkan oleh Siti Aminah STP MSi, Ketua Program Studi, “Kegiatan Kuliah tamu kami selenggarakan setiap semester, semester lalu kami menghadirkan Dirut PT Lotte Mart Indonesia dan Owner Keju Indrakila Boyolali, berbicara meningkatkan mutu produk pangan lokal untuk menembus pasar nasional dan internasional.”

“Perusahaan pangan adalah mitra strategis bagi Program Studi Teknologi Pangan, sehingga kerjasama dengan perusahaan pangan sangat diperlukan. Untuk memperluas wawasan internasionalnya mahasiswa juga kami ajak studi banding ke luar negeri. Kami sudah jalin kerjasama dengan Singapore Polytechnic International (SPI) dan Islamic International University Malaysia (IIUM),” tambah M Yusuf PhD, Direktur Kerjasama dan Urusan Luar Negeri UNIMUS yang juga dosen di Prodi Teknologi Pangan. Kuliah tamu dengan mengundang Profesor dari luar negeri juga sudah dilakukan, diantaranya Prof Torbjorn Tronsen (UiT The Arctic University of Norway) dan Prof Stephan Zeeman (University of New England/UNE, USA).

Berbagai perusahaan pangan mulai dari UKM home industry hingga perusahaan nasional swasta dan BUMN telah dijalin kerjasama oleh Prodi Teknologi Pangan UNIMUS, bahkan sekarang di era Pasar bebas Asean (MEA) telah dijalin kerjasama dengan perusahaan dan institusi di tingkat internasional. (Gus/admin)

Say what comes to homework-writer.com mind then start editing and formatting with commands.