UNIMUS Ikut Sukseskan Gemarikan

gemarikanGemarikan (Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan) yang dicanangkan pemerintah perlu didukung semua pihak, mengingat potensi ikan baik ikan tangkap dan budidaya yang sangat melimpah,  dan di sisi lain konsumsi ikan dapat meningkatkan gizi masyarakat. UNIMUS melalui Program Studi Teknologi Pangan ikut terpanggil dalam menyukseskan Gemarikan di Propinsi Jawa Tengah yang dikoordinasikan oleh Dinas Kelautan dan Perikanan. “Mari kita tingkatkan konsumsi ikan kita, agar kita sehat dan pintar,” papar Agus Suyanto STP MSi dosen Unimus di depan peserta pelatihan pengelola warung sekolah, tim PKK kecamatan se-Kabupaten dan Tim PKK Kabupaten Magelang minggu lalu.

Lebih lanjut disampaikan, “Konsumsi ikan penduduk Jawa Tengah masih tergolong rendah yakni di angka 20,9 kg/kapita/tahun, sedangkan angka nasional sudah mencapai 38 kg/kapita/tahun. Bayangkan, negara tetangga kita Malaysia konsumsinya sudah mencapai 70 kg/kapita/tahun, sedangkan Jepang yang identik dengan kecerdasannya konsumsi ikan sudah 140 kg/kapita/tahun..wow, kalah jauh kita.”

dkp grobogan1

Trainer of Trainer Pengolahan Ikan kepada mahasiswa sebelum diterjunkan

Pelatihan serupa telah diselenggarakan di Kabupaten Grobogan, Kabupaten Sukoharjo, Kabupaten Wonogiri, Kabupaten Tegal, Kabupaten Semarang, dan Kabupaten Banjarnegara dengan melibatkan seluruh dosen Teknologi Pangan secara bergiliran. “Dalam waktu dekat juga akan kita laksanakan di Kota Salatiga. Kegiatan ini juga melibatkan mahasiswa agar mereka punya bekal kepemimpinan dan menumbuhkan sikap kepedulian dalam memecahkan permasalahan bangsa sesuai dengan bidang ilmunya,” jelas Siti Aminah STP MSi ketua Prodi Teknologi Pangan. “Kita telah siapkan 15 resep menu keluarga olahan ikan, diantaranya Nugget, Siomay, Bakso, an Abon Ikan,” tambahnya.

dkp grobogan4

Membuat Nugget Ikan

aneka olahan ikan

Semua serba ikan: kaki naga, nugget, abon, bakso dan siomay

Kegiatan pelatihan yang meliputi teori dan praktek yang dilaksanakan selama dua hari tersebut juga sekaligus Pengukuhan FORIKAN (Forum Peningkatan Konsumsi Ikan) Tingkat Kecamatan. Ibu Dra Dian Noerhajati  dari Dinas Kelautan dan Perikanan Propinsi dalam sambutan pengukuhan menyampaikan, “Fasilitasi Peningkatan Kemampuan stake holder  Pengelola Ikan ini dengan sosialisasi Gemarikan tidak boleh berhenti. Hal ini akan menambah wawasan inovasi pengolahan ikan dengan segala kreasinya. Sosialisasikan melalui berbagai cara, baik pertemuan PKK, Pengajian bahkan bisa melalui Karang Taruna, termasuk pengelola warung sekolah di semua tingkatan baik SD, SMP, SMA. Hal ini dimaksudkan supaya asupan jajanan anak-anak kita bergizi,” jelasnya.

“Unimus terus menjalin kerjasama dengan berbagai pihak untuk menumbuhkan iklim akademik sehingga kredo a university for the excelent dapat terwujud,” papar M Yusuf PhD, dosen Prodi Teknologi Pangan yang juga ketua kantor Internasional dan Kerjasama Unimus (gus/admin)

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com