Prodi Teknologi Pangan UNIMUS terus berpacu meningkatkan mutu

2015-05-06 10.44.14

Mahasiswa TP Unimus mengikuti ujian mid semester; model open book untuk mempertajam analisis penyelesaian studi kasus

Setelah mendapatkan akreditasi B dari BAN PT Program Studi Teknologi Pangan Unimus terus memantapkan posisi agar dapat meraih prestasi yang lebih baik pada masa yang akan datang. Dalam penjelasan Misi 1 Menyelenggarakan pendidikan bidang pangan yang didasarkan pada pemanfaatan teknologi informasi dan kewirausahaan   berwawasan global, dijabarkan dalam serangkaian kegiatan :

  1. Kurikulum : (1) Penyusunan dokumen evaluasi kurikulum dan , (2) Pemutakhiran kurikulum secara berkala.
  2. Peningkatan mutu proses pembelajaran: (1) Peningkatan kualitas teknik instruksional dosen melalui workshop penyusunan rencana program kegiatan pembelajaran semester (RPKPS) / SAP , modul/panduan praktikum  setiap tahun, mengikutsertakan dosen dalam workshop penyusunan buku ajar, melakukan evaluasi proses pembelajaran dari mahasiswa kepada dosen, mendorong dosen untuk mengembangkan metode pembelajaran yang didasarkan pada  student learning center dan teknologi informatika untuk mewujudkan suasana belajar yang kondusif dan berwawasan global, (2) Optimalisasi penggunaan perpustakaan dan (3) Peningkatan kemampuan berbahasa Inggris bagi mahasiswa.
  3. Suasana Akademik: (1) Pengembangan suasana akademik yang kondusif, (2) Mengoptimalkan peran pembimbing akademi untuk mendorong mahasiswa dalam kegiatan kompetisi ilmiah/meraih prestasi dan (3) Mendorong mahasiswa melalui organisasi: HMJ, IMM, BEM untuk menyelenggarakan / mengikuti kegiatan ilmiah.
  4. Evaluasi Hasil Pembelajaran: Peningkatan mutu hasil pembelajaran.
  5. Peningkatan mutu layanan akademik: (1) Optimalisasi penggunaan IT dalam kegiatan akademik, (2) Melakukan evaluasi kepuasan mahasiswa terhadap layanan akademik dan (3) Evaluasi kinerja dosen.
  6. Peningkatan kualitas layanan bimbingan akademik: (1) Mendorong dosen pembimbing akademik dalam monitoring perkembangan akademik dan non akademik mahasiswa dan (2) Menerapkan sangsi akademik bagi mahasiswa yang tidak memenuhi ketentuan adminitratif  dan akademik.
  7. Peningkatan mutu lulusan: Evaluasi kelulusan tepat waktu dan masa tunggu lulusan dalam mendapatkan pekerjaan pertama.
  8. Peningkatan jumlah mahasiswa baru: Perluasan dan pelaksaaan marketing  oleh seluruh sivitas akademika Program Studi Teknologi Pangan (PS TP) baik langsung maupun melalui pelaksanaan kegiatan Catur Dharma Perguruan Tinggi dan kerja sama dengan institusi/instansi lain.
  9. Pengembangan sistem penjaminan mutu internal: (1) Penyusunan dokumen mutu akademik dan dokumen Evaluasi Mutu Internal (EMI), (2) Melaksanakan sistem penjaminan mutu internal dan (3) Peningkatan layanan sistem informasi akademik berbasis TIK.
  10. Peningkatan kualitas dan kuantitas sarana dan prasarana: (1) Melakukan inventarisasi rutin atas sarana dan prasarana yang dimiliki, (2) Peningkatan layanan dan sarana laboratorium, (3) Penyediaan sarana unit usaha HMJ, (4) Penyediaan sistem informasi dan sarana TIK dan (5) Peningkatan sarana perpustakaan.
  11. Efisiensi dana: (1) Penyusunan rencana anggaran biaya yang mantap, (2) Mengupayakan perolehan beasiswa bagi mahasiswa melalui beberapa sumber  pemerintah, LSM, perusahaan,  masyarakat maupun dari UNIMUS dengan sistem seleksi yang tepat sasaran dan (3) Mendorong dosen untuk menyusun dan mengirim proposal penelitian ke berbagai sumber pendanaan.
  12. Peningkatan mutu kewirausahaan: (1) Mendorong mahasiswa melalui Himpunan Mahasiswa Jurusan untuk membentuk unit usaha sebagai wahana latihan wirausaha, (2) Mengikutsertakan mahasiswa dalam pelatihan dan kegiatan  kewirausahaan, (3) Melaui dosen pembimbing akademik mendorong mahasiswa untuk membuat usulan kegiatan PKM kewirausahaan dan (4) Mendorong mahasiswa untuk mengikuti program magang. (Gus/admin)

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com