Peningkatan Kualitas Program Studi Melalui Visitasi BAN-PT

Suasana Visitasi Akreditasi BAN-PT S1 Teknologi Pangan UNIMUS

Suasana Visitasi Akreditasi BAN-PT S1 Teknologi Pangan UNIMUS

Pada hari Senin, tanggal 8-9 September  tahun 2014 Program Studi S1 Teknologi Pangan Fakultas Ilmu Keperawatan dan Kesehatan Universitas Muhammadiyah Semarang divisitasi oleh Badan Akreditasi Nasional – Perguruan Tinggi untuk yang kali ke dua, yang pertama telah dilakukan visitasi 4 tahun yang lalu yaitu tahun 1999.  Pada tahun ini  2014  visitasi diharapkan memperoleh hasil score yang lebih baik dan dapat meningkatkan kualitas pendidikan  menjadi lebih baik dari hasil sebelumnya. Kegiatan ini meliputi presentasi oleh Dekan dan Ketua Program Studi kemudian dilanjutkan dengan pencocokan dokumen borang yang telah dikirim sebelumnya.   Asesor dihadiri  oleh Prof. Dr. Ir. Endang Sutriswati Rahayu, MS dan Prof. Dr. Machfud, M.Sc. Visitasi disamping dihadiri oleh Dekan FIKKES  yang dalam hal ini dihadiri oleh wakil dekan 1 bidang akademik Dr. Budi Santosa, M.Si.Med dan Wakil Dekan 2 FIKKES  bidang sarana prasarana Dr. Ali Rosidi, SKM, MSi,  Hadir pula Wakil Rektor 1 dan Wakil Rektor  2 serta  seluruh Staf dan Dosen Program  Studi S1 Teknologi Pangan UNIMUS.

Unit-unit lain yang ikut hadir dalam proses akreditasi tersebut adalah Badan Penjaminan Mutu, PDPT,  BAAK,  BAUK,  LPPM, Unit Pengelola Laboratorium,  UPT Perpustakaan  dan UPT IT dan TIK dan UP2T. Tak ketinggalan pula mahasiswa, alumni dan stakeholder di Program Studi Teknologi Pangan UNIMUS.

Sesi pertama visitasi adalah diskusi asesor dengan seluruh unit yang divisitasi dalam suasana hangat sambil cross check kelengkapan dokumen, sesi kedua melihat sarana dan prasarana yang ada di Program Studi Teknologi Pangan. sarana yang pertama dikunjungi adalah perpustakaan, kemudian dilanjutkan ruang kuliah, ruang Kaprodi dan ruang dosen, ruang Jurnal Pangan dan Gizi, serta laboratorium.

Suasana Visitasi

 

Posted in Uncategorized | Leave a comment

Selamat Datang Asesor BAN-PT di Prodi Teknologi Pangan UNIMUS

Selamat datang kepada asesor BAN-PT Dirjen Dikti Kemendikbud RI di Program Studi Teknologi Pangan Universitas Muhammadiyah Semarang (UNIMUS) tanggal 6-8 September 2014.

  1. Prof.Dr.Ir.Endang Sutriswati Rahayu, MS
  2. Prof.Dr.Ir.Mahfudz, MSc

 

Posted in Uncategorized | Leave a comment

Kunjungan Industri ke PT Tiga Pilar Sejahtera Tbk dan Roti Ganep’s di Solo

DSC00153

Diskusi dengan PT TPS

Senin 11 Agustus 2014 kendati masih musim liburan mahasiswa dan juga masih di suasana mudik lebaran, mahasiswa Program Studi Teknologi Pangan Unimus melakukan kunjungan industri ke salah satu perusahaan besar ‘food industry’ di tanah air yaitu PT TPS atau PT Tiga Pilar Sejahtera Tbk di Kabupaten Sragen. Dipandu oleh pendamping bapak Agus Suyanto STP MSi rombongan satu bus dan satu mobil diterima oleh HRD manager PT TPS Ny Muryani. “Kami senang mendapat kunjungan dari Unimus, TPS adalah perusahaan yang terus tumbuh berkembang sangat membutuhkan kiprah dari ahli teknologi pangan. Kami siap menerima mahasiswa magang, PKL, dan lowongan kerja ada setiap saat,” jelas Ny Muryani. Continue reading

Posted in Uncategorized | Leave a comment

Search engine lowongan kerja

Company Banner

Era ‘digital information’ memudahkan bagi pelamar pekerjaan untuk mencari informasi kerja. salah satu situs yang menyediakan informasi kerja adalah lowongan trovit. dengan mengetik kata kunci yang dimaksud dapat kita temukan banyak informasi kerja. Misal kita ketik ‘quality control makanan dan minuman’ akan muncul new info PT Sentra Boga Handal membuka lowongan bagi sarjana Teknologi Pangan …dst. Pendaftarannya pun juga via online. Ingin berlangganan situs-situs tersebut bisa juga melalui media sosial semacam facebook, twiter, dll. Selamat mencoba mencari sendiri info lowongan kerja..(gus/admin)

Posted in Uncategorized | Leave a comment

Visi & Misi Program Studi Teknologi Pangan

visi misi tekpan biru 60 x 80

Posted in Uncategorized | Leave a comment

Public Expose Prodi TP Unimus: dari Field Trip di Pabrik Susu Pasteuriasasi Terbesar Nasional hingga ke Sense Asia 2014 di Singapura

DSC02580

Penyerahan Plakat diwakili Mahasiswa ke CV Cita Nasional

Diawali dari presentasi makalah poster di forum SenseAsia 2014 The Asian Sensory and Consumer Research Symposium 11-13 May 2014 SingEx Singapore, yang diikuti oleh M Yusuf PhD, prodi Teknologi Pangan Unimus juga melakukan kunjungan lapang (field trip) PT Cita Nasional, pabrik susu pasteurisasi (susu segar) terbesar nasional di Salatiga pada 7 Juni lalu. Makalah poster yang dipresentikan M Yusuf di Singapura Expo adalah “Testing Seafood By-Product of Second-Quality for Market Preferences”. Continue reading

Posted in Uncategorized | Leave a comment

Selamat Idul Fitri 1435H

idul fitri

 

Mengucapkan

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1435H

Ja’alanallah minal ‘aidin wal faizin dan Mohon maaf lahir dan batin

(Staf Prodi Teknologi Pangan UNIMUS)

Posted in Uncategorized | Leave a comment

M Yusuf, PhD ikuti forum Internasional di Brisbane Australia

M Yusuf, PhD

M Yusuf, PhD

M Yusuf, Dosen Prodi Teknologi Pangan Unimus, pada 7-11 Juli 2014 ikut mempresentasikan poster dengan judul A Value Chain Framework of Global Seafood Industries pada the International Institute of Fisheries Economics and Trade (IIFET) 2014 Conference , at  Towards Ecosystem Based Management of Fisheries – What Role can Economics Play di Queensland University of Technology (QUT), Brisbane, Australia.  Peserta konferensi sekitar 300 dengan 15 topik terbagi dalam 6 paparel session.

IIFET adalah sebuah asosiasi internasional independen didirikan sejak 1982, yang terdiri dari sekitar 800 anggota di lebih dari 70 negara di seluruh dunia, yang dikenal memiliki area penangkapan ikan luas. Penyelenggaran konferensi 2014 adalah  Queensland University of Technology (QUT), Commonwealth Scientific and Industrial Research Organisation Marine and Atmospheric Research (CSIRO), University of Tasmania, dan The University of Adelaide and MG Kailis Group. Konferensi berkala dua tahunan, sebelumnya pernah dilaksanakan di Amerika Serikat, Prancis, Kanada, Selandia Baru, Taiwan, Jepang, Chili, Denmark, Inggris, Norwegia, dan Tanzania. Continue reading

Posted in Uncategorized | Leave a comment

PROSEDUR PEMBUAT MINYAK VCO (Virgin Coconut Oil)

Oleh : Ngatemin

Prodi Teknolologi Pangan Universitas Muhammadiyah Semarang

Minyak kelapa perawan (virgin coconut oil)

Virgin coconut oil ( VCO ) merupakan bentuk olahan daging kelapa yang baru-baru ini banyak diproduksi untuk dikompersilkan. Di beberapa daerah, VCO lebih terkenal dengan nama minyak perawan, minyak sara, atau minyak kelapa murni. Virgin coconut oil atau minyak kelapa murni mengandung asam lemak rantai sedang yang mudah dicerna dan dioksidasi oleh tubuh sehingga mencegah penimbunan di dalam tubuh. Disamping itu ternyata kandungan antioksidan di dalam VCO pun sangat tinggi seperti tokoferol dan betakaroten. Antioksidan ini berfungsi untuk mencegah penuaan dini dan menjaga vitalitas tubuh (Setiaji dan Prayugo, 2006).

Minyak kelapa murni merupakan hasil olahan kelapa yang bebas dari trans-fatty acid (TFA) atau asam lemak-trans. Asam lemak trans ini dapat terjadi akibat proses hidrogenasi. Agar tidak mengalami proses hidrogenasi, maka ekstraksi minyak kelapa ini dilakukan dengan proses dingin yaitu, secara fermentasi, pancingan, sentrifugasi, pemanasan terkendali, pengeringan parutan kelapa secara cepat dan lain-lain (Darmoyuwono, 2006). selengkapnya clik  PROSEDUR PEMBUAT MINYAK VCO

Posted in Uncategorized | Leave a comment

Selamat kepada M Yusuf telah menyelesaikan Studi Doktoralnya di Norwegia

Public Defense di Auditorium 101, NFH-Bygget, UiT The arctic University of Norway.

Prodi Teknologi Pangan Unimus menambah satu lagi dosennya yang bergelar Doktor, yaitu M Yusuf STPi, MSi, dari Fakultas Biosciences, Fisheries and Economics, UiT the Arctic University Norwegia. M Yusuf (35th) juga Dosen Unimus yang pertama kali meraih gelar Doktor dari luar negeri, mendapat beasiswa pendidikan dari Pemerintah Indonesia melalui Dirjen Pendidikan Tinggi Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Putra kelahiran Rembang ini berhasil mempertahankan Disertasinya pada 20 Maret 2014 melalui sidang terbuka (public defense) dengan topik:

(1) What determines competitiveness in global seafood markets? A view from Indonesia

Bertindak sebagai Supervisor Riset Professor Torbjørn Trondsen, Associate Professor Peter Ørebech dari Norwegia dan Professor Lachmuddin Sya’Rani,  dari University of Diponegoro, Indonesia. Pengujinya sendiri tiga orang, masing-masing adalah  Professor Svein Jentoft, NFH (internal member and leader of the committee), Professor emeritus Knut Bjørn Lindkvist, Department of Geography, Universitetet i Bergen Norwegia, dan Professor Jingmei Li, Ocean University of China, Qingdao, Kina. Continue reading

Posted in Uncategorized | Leave a comment