Ingin Berwirausaha Pangan, kuliah Di Teknologi Pangan Unimus Aja

Dengan tag line “Healthy Food Innovator and Enterpreneur” Prodi Teknologi Pangan Unimus telah meluluskan 15 angkatan dengan sebaran alumni bekerja di berbagai bidang, termasuk berwirausaha di bidang pangan. Simak kegiatan-kegiatan mahasiswa dan kompetensi dosennya di web http://tekpan.unimus.ac.id/ dan untuk pendaftaran silahkan hubungi di http://pmb.unimus.ac.id/

Bagi yang ingin mendalami Ilmu dan Teknologi Pangan, segera daftarkan diri ke Prodi Teknologi Pangan Unimus, tersedia kelas reguler dan kelas Karyawan. “Prodi kami sudah terakreditasi B BAN PT, dan saat ini tengah mengajukan reakreditasi agar mendapatkan penilaian yang lebih baik lagi,” tutur Dr Nurhidajah STP MSi, Kaprodi Teknologi Pangan Unimus.

 

 

Prodi TP dan Gizi Unimus raih award dalam international conference di Malaysia

Dr Ir Nurrahman MSi mewakili Unimus dalam ICFSN ’19

KUALA LUMPUR (KR)- Mahasiswa dan dosen Prodi S1 Gizi Fakultas Ilmu Keperawatan dan Kesehatan (Fikkes) Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) meraih best international research award di  International Cenference Food and Nutrition Science (ICFNS) di Management and Science University Malaysia (MSU) 5-6 Desember 2019.

Best presenter diraih oleh Afifa Meliani (Mahasiswa Prodi Gizi semester V) lewat artikel “Effectiveness between Giving Sweet Starfruit (Averrhoa carambola), Tomato Juice (Solanumly copersicum) and Iron Tablets to Increase Haemoglobin Levels”. Best presenter juga diraih Rr Annisa Ayuningtyas  S.Gz,M.Gz (dosen Prodi S1 Gizi) lewat artikel “The Potential of Whiteleg Shrimp Shell on Reducing Cardiovascular Disease Risk in Diabetic Rats: A Preclinical Study”.

M Yusuf PhD bersama delegasi mahasiswa dari Prodi TP dan Gizi Unimus di ICFNS 19

Dalam kesempatan yg sama 2nd ICFNS juga diserahkan award pada peneliti lainnya diantaranya Best Oral Presenter Award diraih oleh USM, Best Poster Presenter Award diraih oleh UPM, dan Best Free Paper Presentation Award diraih oleh MSU.

Direktur International Relation Office (IRO) Dr Muhammad Yusuf dan dosen S1 Gizi Fikkes Unimus Luthfia Dewi, S.Gz,M.Gz menyampaikan Unimus merupakan Co-Organizer dan juga founder ICFSN – ICeHeSTech 2018 tahun pertama. ICFSN ketiga diselenggarakan di Hainan University of China tahun 2020.

Pada 2nd ICFSN di MSU, Unimus mengirimkan 20 delegasi dari Prodi Teknologi Pangan dan Prodi Gizi. Rektor Unimus Prof Dr Masrukhi MPd mengharapkan capaian mahasiswa dan dosen Fikkes tersebut dapat meningkatkan poin untuk akreditasi. (Yus/Nan/Gus admin)

ICFNS ’19 di MSU Malaysia
Kuliah Umum dan Joint Meeting LP2M dan Prodi Teknologi Pangan Unimus

Kuliah Umum Prodi Teknologi Pangan Unimus dan Joint meeting dengan UIT Norway

Kuliah Umum dan Joint Meeting LP2M dan Prodi Teknologi Pangan UnimusSemarang | 23 Oktober 2019 Program Studi Teknologi Pangan Fakultas Ilmu Keperawatan dan kesehatan Universitas Muhammadiyah Semarang (FIKKES Unimus) sambut  kunjungan Professor Torbjørn Trondsen dosen Norwegian College Fishery Science, UiT The Arctic University of Norway (UiT) dalam acara Indonesia – Norway Joint Meeting. Dihadiri oleh Kepala LP2M (Dr. Dini Cahyandari, MT.), Kepala International Relation Officer /IRO (M.Yusuf,S.STPi,M.Si,PHD), Kaprodi (Dr. Nurhidajah, M.Si.), Dosen dan sivitas akademika, serta Mahasiswa Program Studi Teknologi Pangan Unimus.

Kuliah Umum Prodi Teknologi pangan Bersama Prof Torbjoen Trondsen dari UIT NorwayDalam kegiatan Indonesia Norway Joint Meeting tersebut Prof TobJorn berkesempatan mengisi kuliah umum dan menyampaikan bahwa mengisi sebuah kuliah di Tekpang Unimus merupakan hal yang tidak dapat dilupakan dan merupakan sebuah  kehormatan bisa memberikan ilmu dan wawasan kepada Mahasiswa juga Dosen dan Sivitas Akademika, sehingga bisa menularkan apa yang diketahui tentang Food Technologi, mengenal akan beragam hal yang ada di Indonesia juga pada Universitas Muhammadiyah Semarang, khususnya Program Studi Teknologi Pangan. Selain itu kegiatan tersebut merupakan rangkaian kunjungan yang di lakukan oleh Professor Torbjørn Trondsen bersama rombongan di berbagai Universitas, Institusi dan Instani baik negri ataupun swasta di Indonesia diantaranya Unimus, Universitas Dipenogoro, Bappeda Propinsi Jawa Tengah, Sekolah Tinggi Perikanan Jakarta, Kantor Menteri Kelautan dan Perikanan, DPD RI dan lainnya. Dari jadwal beliau yang sangat padat, Unimus mendapat kehormatan di hari pertama kunjungannya dan berkesempatan melakukan teken MoU atau Penandatanganan Surat Kerjasama dalam bidang Penelitian  Internasional.

MoU Prodi Teknologj Pangan Unimus dengan UIT NorwayKaprodi Tekpang Menuturkan dengan adanya kuliah umum dan penandatanganan kerjasama tersebut sebagai salah satu langkah dalam mewujudkan visi misi Universitas yaitu berwawasan Internasional dan juga sebagai penguatan internsionalisasi pada Prodi Teknologi Pangan FIKKES, memberikan ilmu dan wawasan kepada mahasiswa yang berkaitan pada bidang pangan dan pengelohan. Sementara itu Prof Tohjorn yang merupakan seorang ahli perikanan juga memberikan pengetahuan tentang Coolnova technologi atau tentang ilmu bagaimana cara melakukan pembekuan terhadap ikan agar menghasilkan kualitas yang lebih optimal dan bagus dengan model freezing. Selain itu Kepala LP2M Unimus menambahkan penandatangan kerjasama tersebut juga sebagai bentu kerjasama yang dilakukan oleh Unimus dalam bidang Penelitian Internasional yang dimaksudkan bisa memberikan peluang terhadap dosen – dosen Unimus yang ada pada Prodi Teknologi pangan untuk mengembangkan kompetensi bukan hanya dalam tingakatan lokal tapi juga internasioanl, yang tentunya mempunyai banyak hal yang bisa digali lebih dalam dan dapat meningkatkan kompetensi Dosen. Peningkatan mutu Universitas sehingga bisa tercipta kualitas unggul untuk bisa dan  mampu bersaing di kancah internasional. menyalurkan kemampuan dan ilmu kepada mahasiswa sehingga menghasilkan lulusan yang mempunyai pengetahuan, serta wawasan yang unggul dan dapat diterapkan dalam dunia kerja. (gus, unimus.ac.id)

Selamat Sukses Unimus: Prosiding ICHeSTech 2018 Terindeks Scopus Telah Terbit

Rektor-Unimus-Prof-Dr-Masruki-menyerahkan-cinderamata-kepada-Prof-Dr-Edy-Yusuf-dari-MSU-Malaysia

Gelaran The 1st internasional conference on health, science and Technology (ICHeSTech)  Unimus bekerjasama dengan Management and Science University (MSU) Malaysia pada 28-29 November 2018 lalu ditunggu-tunggu output acara oleh peserta konferensi yaitu proceding internasional terindeks scopus. Artikel dapat dikunjungi di https://iopscience.iop.org/issue/1755-1315/292/1

“Alhamdulillah, setelah bekerja keras seluruh panitia tim peer review selama 6 bulan paper dari peserta IcheSTech telah diterbitkan dalam bentuk prosiding internasional yang terindeks scopus, “ papar Dr Ir Nurrahman MSi ketua panitia Ichestech. Ditambahkan, “Harapan kami, gelaran pertama event internasional dengan output karya ilmiah yang diakui dunia dapat memicu kami untuk bekerja lebih baik lagi pada masa yang akan datang untuk meningkatkan mutu Unimus.”

Konferensi yang mengangkat tema Current Trends and Future Perspectives in the Food Sector:From Novel Concepts to Applications.” menghadirkan pembicara dari Jepang (Satoshi Futo Riztyan, PhD dari FASMAC Co. Ltd. Japan), Thailand (Najwa Santiworakun PhD  dari Chulalongkorn University, Thailand), Malaysia (Prof Eddy Yusuf PhD dari MSU), dan Indonesia (Prof  Fatchiyah Mkes PhD dari Universitas Brawijaya) diikuti oleh peserta dari dalam dan luar negeri seperti dari Malaysia, Thailand, Philipina, Jepang dan Ekuador.Peer review team artikel terdiri dari berbagai dosen dan peneliti baik dari dalam dan luar negeri. Mereka adalah

1.           Prof. Dr. Torbjohn Tronsen (The Artic University of Norway)

2.           Prof. Dr. M. Anang Legowo, M.Sc. (Diponegoro University, Indonesia)

3.           Prof. Toshio Nakatani, MD (Kanazawa University, Japan)

4.           Prof. Dr. Ir. Agus Sabdono, M.Sc. (Diponegoro University, Indonesia)

5.           Prof. Dr. Ir. Fransiska R. Zakaria, M.Sc. (Bogor Agricultural University, Indonesia)

6.           Dr. Sri Darmawati, M.Si. (Universitas Muhammadiyah Semarang, Indonesia)

7.           Dr. Ir. Nurrahman, M.Si. (Universitas Muhammadiyah Semarang, Indonesia)

8.           Dr. Dini Cahyandari, M.T. (Universitas Muhammadiyah Semarang, Indonesia)

9.           Dr. Stalis Norma Ethica, M.Si. (Universitas Muhammadiyah Semarang, Indonesia)

10.       Dr. Budi Santosa, SKM. M.Si. Med (Universitas Muhammadiyah Semarang, Indonesia)

11.       Dr. Purnomo, S.T., M.Eng (Universitas Muhammadiyah Semarang, Indonesia)

12.       Muhammad Yusuf, Ph.D (Universitas Muhammadiyah Semarang, Indonesia)

13.       Nasruddin PhD. (Universitas Muhammadiyah Semarang, Indonesia)

14.       Ns. Yunie Armiyati M.Kep., Sp. Kep. KMB (Universitas Muhammadiyah Semarang, Indonesia)

15.       Drs. Akhmad Fathurohman, M. Kom. (Universitas Muhammadiyah Semarang, Indonesia)

16.       Eko Yuliyanto, S.Pd. M.Pd. (Universitas Muhammadiyah Semarang, Indonesia)

Selamat dan Sukses untuk Unimus, tak terkecuali dosen-dosen prodi Teknologi Pangan Unimus yang banyak terlibat di Ichestech. (Gus/admin)

Liputan Media TV pada ICHeSTech Unimus 2018

Unimus bekerjasama dengan Management and Science University (MSU) Malaysia menggelar The 1st internasional conference on health, science and Technology(ICHeSTech) menghadirkan pembicara dari Jepang (Satoshi Futo Riztyan, PhD dari FASMAC Co. Ltd. Japan), Thailand (Najwa Santiworakun PhD  dari Chulalongkorn University, Thailand), Malaysia (Prof Eddy Yusuf PhD dari MSU), dan Indonesia (Prof  Fatchiyah Mkes PhD dari Universitas Brawijaya) bertempat di Aula Fakultas Kedokteran Unimus, 28-29 November 2018. Selamat menyimak videonya/ (Gus/Admin)


When you have these tools, then you must observe the following https://essaydragon.com/ tips.

Unimus Gelar ICHeSTech, Pangan Sehat dan Halal Menjadi Trend Dunia

Rektor Unimus Prof. Dr. Masrukhi menandai pembukaan acara dengan pemukulan gong
Rektor Unimus Prof. Dr. Masrukhi menandai pembukaan acara dengan pemukulan gong (Foto: UPT Humas Unimus)

Unimus bekerjasama dengan Management and Science University (MSU) Malaysia menggelar The 1st internasional conference on health, science and Technology (ICHeSTech), menghadirkan pembicara dari Jepang (Satoshi Futo Riztyan, PhD dari FASMAC Co. Ltd. Japan), Thailand (Najwa Santiworakun PhD  dari Chulalongkorn University, Thailand), Malaysia (Prof Eddy Yusuf PhD dari MSU), dan Indonesia (Prof  Fatchiyah Mkes PhD dari Universitas Brawijaya) bertempat di aula Fakultas Kedokteran Unimus, Rabu-Kamis 28-29 November 2018. Read More

KKL 2018 Prodi Teknologi Pangan Unimus: Belajar Industri Pangan Modern dan Tradisional

yakult
Kunjungan KKL Prodi Teknologi Pangan Unimus di PT Yakult Indonesia

Wilayah Jawa Timur dan Bali masih menjadi daya tarik bagi Kuliah Kerja Lapangan (KKL) mahasiswa Prodi Teknologi Pangan Unimus, disamping beragamnya industri pengolahan pangan juga ragam seni, budaya dan keindahan alamnya. Kegiatan KKL mahasiswa angkatan 2016 sebanyak 40 mahasiswa diketuai oleh Dewi Apriliya Saras Anwar didampingi 2 dosen yaitu Dr Ir Nurrahman MSi dan M. Yusuf PhD, berangkat menuju Surabaya diteruskan ke Bali tanggal 13-19 November 2018. Read More

Unimus akan Gelar “International Conference on Health, Science and Technology

sem internasionalTema kesehatan, ilmu dan teknologi pangan akan diangkat dalam event internasional yang diselenggarakan oleh Universitas Muhammadiyah Semarnag (Unimus)  dalam kegiatan “International Conference on Health, Science and Technologyseries (1st ICHeSTech)” pada 28-29 November. Tema pokok konferensi adalah :“Current Trends and Future Perspectives in the Food Sector:From Novel Concepts to Applications”. Unimus yang memiliki kredo The University for the excellence dimana kata “internasional” disematkan dalam visinya mengundang para dosen peneliti, mahasiswa pasca sarjana baik dari dalam dan luar negeri untuk mempresentasikan hasil-hasil penelitiannya (lihat tanggal penting dalam brosur terlampir). Berbagai topic yang akan dibahas dalam diskusi pararel  pada konferensi tersebut yaitu : Read More