Ketahanan dan Keamanan Produk Pangan di Era Pandemi

0
82
Webinar Ketahanan dan keamanan pangan era pandemi Himatepa Unimus
Webinar Ketahanan dan keamanan pangan era pandemi Himatepa Unimus

Himpunan Mahasiswa Teknologi Pangan (Himatepa) Unimus ikut berbagi ilmu terkait Ketahanan dan Keamanan Produk Pangan di Era Pandemi, dalam sebuah gelaran Webinar pada Sabtu 3 Oktober 2020. Acara berjalan sukses diikuti oleh 300 peserta dari berbagai kampus di Indonesia juga masyarakat umum yang antusias dengan ilmu dan teknologi pangan perannya dalam mengatasi pandemi covid 19.

Paparan Prof Anang
Paparan Prof Anang

Menurut ketua panitia Alya Gega Widiasmara (mahasiswa semester 5), “Kegiatan webinar ini bertujuan memberikan pengetahuan dan wawasan tentang ketahanan dan keamanan produk pangan di era pandemi covid 19. Bagi kami mahasiswa kegiatan ini sebagai sarana untuk mengembangkan diri dan ikut berpartisipasi dalam menyampaikan pesan kepada masyarakat dalam menjaga Ketahanan dan Keamanan Produk Pangan di Era Pandemi.”

Dr Nurhidajah STP MSi selaku kaprodi Teknologi Pangan Unimus yang membuka acara menyampaikan, “Ahli teknologi pangan dapat berperan serta bersama-sama komponen bangsa untuk mengatasi pandemi covid dengan memikirkan strategi ketahanan pangan yang meliputi ketersediaan, akses yang luas dan mudah di tingkat community and household. Tidak hanya berhenti sampai di situ tetapi juga memikirkan aspek diversifikasi produk pangan dengan tetap memperhatikan aspek gizi dan keamanan pangannya.”

Ditambahkan Nurhidajah yang menyelesaikan doktornya di ilmu pangan UGM dengan topik riset pangan fungsional bagi kesehatan, “Jika kondisi ketahanan dan keamanan pangan safe maka kesehatan masyarakat juga akan meningkat seiring dengan meningkatnya imunitas tubuh karena mengkonsumsi pangan yang sehat. Khususnya kontaminasi oleh corona virus, maka aspek apa saja yang harus diperhatikan dalam menyiapkan pangan from farm to table yang aman.”

Paparan Dr Yunan
Paparan Dr Yunan

Webinar menggunakan aplikasi zoom dimoderatori  oleh Diode Yonata STP, M.Tp dengan menghadirkan tiga pemateri yaitu Prof Dr Ir Anang M Legowo MSc (Pengurus PATPI pusat), Dr Yunan Kholifatuddin Sya’di STP MSc (Dosen Teknologi Pangan Unimus), dan Harry Putra Masrul STP (Direktur  perencanaan dan transformasi Aku Petani Indonesia, Sekjend IMTPI).

Guru besar ilmu pangan Undip yang biasa disapa Prof Anang  menyampaikan paparan ketahanan pangan di era pandemi. Dosen muda yang sudah menyandang gelar doktor  yaitu Pak Yunan berbicara tentang keamanan pangan, sedangkan melinial yang banyak prestasinya Mas Harry sapaannya berdiskusi tentang peran millenial dalam menjaga ketahanan dan keamanan pangan saat pandemi.

Paparan Mas Harry STP
Paparan Mas Harry STP

“Seru dan sangat menarik acaranya, kegiatan ilmiah namun dikemas dalam gaya penyampaian yang mudah dipahami. Mudah-mudahan ini menjadi pertanda kita dapat melalui ujian pandemic ini dengan kontribusi aktif kita ikut memberikan solusi dari aspek ketahanan dan keamanan pangan,” jelas M Wahyu Saputro salah satu pegurus Himatepa Unimus mengapresiasi webinar yang sukses digelar. (Gus-Wahyu/admin)