Makrab 2017 Mahasiswa Teknologi Pangan Unimus, Awal untuk Sukses Studi

0
197

makrab3Kegiatan Makrab (Malam Keabraban) 18-19 November 2017 adalah sarana silaturahmi seluruh angkatan mahasiswa Prodi Teknologi Pangan Unimus, utamanya untuk mengakrabkan mahasiswa baru. Disampaikan oleh Kaprodi Ibu Dr Nurhidajah STP MSi pada acara pembukaan Makrab, “Acara ini sangat positif karena untuk membangun kekeluargaan di ‘rumah’ yang bernama Teknologi Pangan. Para dosen berperan layaknya orang tua yang ada di rumah, Anda mahasiswa baru punya kakak yaitu angkatan di atasnya, dan sebaliknya kakak tingkat juga harus menyadari mempunyai adik baru yaitu mahasiswa semester satu. Saling perkuatlah bangunan rumah ini.”

Dijelaskan oleh ketua panitia M Fakhrisal, mahasiswa semester 3, “Selesai pembukaan di kampus Kedungmundu kegiatan Makrab dilanjutkan di tempat wisata Bandungan Kabupaten Semarang. Kegiatan rutin tahunan oleh HMJ Himatepa mengambil tema ‘Satukan Semangat Ciptakan Kekeluargaan Tekpang Satu’. Tujuan kegiatan selain sarana silaturahmi sesama anggota Himatepa juga untuk menumbuhkan semangat dalam berorganisasi. Keselarasan dalam lingkungan pergaulan antar angkatan juga sangat penting untuk menunjang keberhasilan studi.”

makrab2Sambil menikmati kesejukan udara Bandungan dengan suguhan makanan lokal Ubi Kuning dan Ubi Ungu peserta Makrab mendapat penjelasan dari kakak tingkat dan alumni yang juga hadir. Irma F. Ardi mahasiswa semester 5 menyampaikan arti pentingnya menjaga sikap yaitu akhlaqul karimah dan kedisiplinan. Tak lupa dia menceritakan pengalamannya berkesempatan studi banding di negeri sakura Jepang. “Kita harus punya keinginan untuk maju dan jangan takut mencoba, lakukan saat ini yang terbaik untuk masa depan kita,” paparnya.

Sedangkan dari alumni, Diode, memaparkan pengalamannya, “Jadinya mahasiswa yang aktif, berprestasi dalam akademik dan tidak ketinggalan juga aktif dalam organisasi mahasiswa. Tuntutan pekerjaan disamping keahlian pada bidangnya  yaitu hard skill juga memiliki kemampuan soft skill seperti kemampuan berkerja sama, memiliki mental yang bagus dan jiwa kepemimpinan.”

makrab1Mahasiswa baru juga terlihat antusias mengikutinya, mereka diberi kesempatan memperkenalkan satu persatu dan menyampaikan harapan dan keinginannya. “Senang rasanya kita dibawa dalam suasana keakraban, sambil diajak kita berolah raga di pagi harinya. Pengalaman yang disampaikan kakak tingkat dan alumni juga arahan dari dosen sangat membantu kami untuk memplanning studi dan pasca studi nantinya.”

Betul sekali, you are what you can dream it. Selamat bergabung mahasiswa baru di rumah baru Prodi Teknologi Pangan Unimus, semoga sukses. (Arga/Gus admin)

It is here that you give write my paper insights on alternatives that would have made a better impact in solving the problem.