Public Expose Prodi TP Unimus: dari Field Trip di Pabrik Susu Pasteuriasasi Terbesar Nasional hingga ke Sense Asia 2014 di Singapura

0
282
DSC02580
Penyerahan Plakat diwakili Mahasiswa ke CV Cita Nasional

Diawali dari presentasi makalah poster di forum SenseAsia 2014 The Asian Sensory and Consumer Research Symposium 11-13 May 2014 SingEx Singapore, yang diikuti oleh M Yusuf PhD, prodi Teknologi Pangan Unimus juga melakukan kunjungan lapang (field trip) PT Cita Nasional, pabrik susu pasteurisasi (susu segar) terbesar nasional di Salatiga pada 7 Juni lalu. Makalah poster yang dipresentikan M Yusuf di Singapura Expo adalah “Testing Seafood By-Product of Second-Quality for Market Preferences”. Kunjungan lapang ke industri makanan dan minuman adalah kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh mahasiswa dan dosen dalam rangka mendekatkan ilmu teknologi pangan ke dalam dunia industri. Kegiatan ini juga bertujuan untuk memperkenalkan Unimus ke masyarakat yang ditindaklanjuti dengan membangun jejaring dalam bentuk MoU antar kedua lembaga dalam berbagai kegiatan yang saling menguntungkan.

DSC02552
Suasana diskusi hangat Rombongan Prodi Teknologi Pangan Unimus dengan CV Cita Nasional

“CV. Cita Nasional mendapatkan susu sapi dari para peternak yang dikumpulkan melalui KUD Cepogo, KUD Banyumanik dan KUD Andini Semarang, kemudian susu tersebut diolah menjadi suatu produk yang berkualitas diantaranya adalah susu pasteurisasi dan yoghurt dengan berbagai pilihan rasa. Pasar CV Nasional adalah wilayah Jawa dengan serapan pasar terbesar di Jakarta,” Jelas M Ali HRD CV Cita Nasional menerima dengan hangat rombongan Unimus.

Ikut menyertai rombongan sebagai pendamping mahasiswa adalah para staf dosen terdiri dari Nurhidajah STP MSi, Ir Wikanastri Hersoelistyorini MT, Yuliana SGz MSc, Agus Suyanto STP MSi, dan M Yusuf PhD. “Banyak manfaat dari kunjungan ini, paling tidak sudah membuka wawasan (open mind) kita dalam dunia riil industri dengan segala tantangan yang dihadapinya,” kata M Yusuf selaku koordinator kunjungan.

DSC02548
Rombongan Prodi Teknologi Pangan Unimus di PT Charoen Pokphan Indonesia, Salatiga

“Dunia yang terus berpacu, kami tantang para mahasiswa untuk mengikuti field trip semacam ini di negeri seberang. Apakah siap?” tambahnya. Kontan mahasiswa menjawab, “Siap Pak.” “Oke, persiapkanlah mulai dari sekarang,” jelas M Yusuf yang barusan menyelesaikan studi S3-nya dari University of Tromso Norwegia.

DSC02540
Tim Dosen Unimus berpose dengan HRD PT Charoen Pokphan Indonesia

Field trip kali ini juga mengunjungi industri pengolahan Chiken terbesar di Indonesia PT Charoen Phokphan Indonesia cabang Salatiga. “PT Charoen Pokphand Indonesia Tbk adalah penghasil pakan ternak, Day Old Chicks dan makanan olahan terbesar di Indonesia. Perseroan didirikan tahun 1972 dengan pabrik pakan ternak terbesar pertama di Jakarta untuk menghasilkan pakan ternak berkualitas. Saat ini, Perseroan memfokuskan usahanya pada kegiatan agro-business yang mencakup poultry business, dari memproduksi pakan ternak berkualitas, pembibitan ayam yang cepat tumbuh dan tahan penyakit serta menghasilkan produk ayam olahan berkualitas tinggi,” papar Harsoyo, HRD PT Charoen di hadapan rombongan dari Unimus (Gus/admin)

Thesen fr das expertenhearing des buddy bachelorarbeit Info zu den Jungs e.